Monday , June 18 2018
Breaking News

Category Archives: Opini

Opini – Kapan Mulai Menjadi Guru?

santri-kuno

Menjadi guru dimulai saat ada seorang atau beberapa orang menyatakan diri menjadi muridnya. Proses seseorang menjadi guru amatlah lama. Memerlukan waktu untuk dapat dipercayai oleh seseorang atau beberapa orang yang menjadikannya tempat bertanya dan mengambil pengetahuan serta kearifan. Kualifikasi sosok ... Read More »

Opini – Karakter, Bukan Sebuah Mata Pelajaran

pendidikan-karakter (1)

Etika komunikasi mahasiswa dengan dosennya kini mulai disorot. Beberapa perguruan tinggi bahkan membuat tata tertib atau semacam aturan untuk mengendalikan cara berkomunikasi yang dipandang tak mencerminkan budaya bangsa dan standar etik masyarakat Nusantara. Perkara ini dipandang perlu karena terpicu oleh ... Read More »

Opini – Problem Sertifikasi Guru

Program-Sertifikasi

Dua puluh tahun lalu menyeruak pembicaraan mengenai sertifikasi profesi di semua sektor. Dunia kerja akan amat mempertimbangkan sertifikasi profesi itu. Mengapa demikian? Data ketenagakerjaan pada rentang dekade 1970-1990 memperlihatkan lulusan pendidikan formal hanya berijazah namun masih harus menempuh pelatihan untuk ... Read More »

Opini – Derita Guru Milenial

don-t-whack-your-teacher-5a86205fdcad5b7fea4921c3

Nuzul Kurniawati guru SMP Darussalam, Pontianak Timur, memperpanjang daftar guru yang kena amuk siswanya sendiri. Ia seolah menjadi bukti betapa kasus Guru Budi di Sampang bulan lalu tidak cukup membuat kejutan untuk menyetop kekerasan terhadap guru. Etalase kekejaman siswa terhadap ... Read More »

Opini – Industri Sekolah dan Bencana Pendidikan

sekolah

Sekolah mahal kian memasuki babak baru dalam narasi pendidikan di Indonesia. Otak pasar adalah faktor utama yang mendorong kemunculannya di tengah masyarakat diiringi dengan dukungan gengsi dari segelintir kelompok. Ketemunya kepentingan pasar dengan budaya yang menyanjung kemegahan simbolik itulah faktor ... Read More »

Scroll To Top