Monday , July 23 2018
Breaking News

Category Archives: Syiah Menurut Syiah

Perawi Rafidhah di Kitab Tafsir Thabari dan Musnad Ahmad bin Hambal

ahmad hambal

Pernyataan bahwa hanya Syiah moderat saja (tidak beraqidah Rafidhah) yang riwayatnya dapat diterima oleh para ulama hadis, sama sekali tidak tebukti. Justru dalam banyak kasus, beberapa perawi Syiah yang dituduh sebagai Rafidhah muncul dan diterima keunggulannya sebagai perawi hadis yang ... Read More »

Daftar Perawi Syiah yang Diterima Periwayatannya oleh Ahlusunah

fvsed

Biasa dituduhkan bahwa Syiah mempercayai hadis-hadis yang berbeda dengan yang dipercayai Ahlusunah. Hal ini sesungguhnya terbantah oleh sedikitnya tiga alasan sebagai berikut: Pertama, meski diriwayatkan dengan rantai periwayatan yang berbeda, banyak sekali hadis Syiah yang memiliki kesamaan kandungan dengan hadis-hadis ... Read More »

Pandangan Tahrif (perubahan) Alquran di Kalangan Ahlusunah

aq

Isu adanya tahrif di dalam Alquran ternyata bukan hanya ada dalam literatur Syiah. Beberapa kitab utama Ahlus Sunnah juga meriwayatkan hal serupa. Berikut ini nukilan beberapa hadis dalam kitab-kitab Ahlusunah yang memuat adanya tahrif dalam Alquran: Imam Bukhari dalam Kitab ... Read More »

Pernyataan Para Ulama Mazhab Ahlulbait yang Muktabar tentang Tahrif (perubahan) Alquran

ulama syiah

Pernyataan para ulama mazhab Ahlul Bait yang muktabar dituangkan di sini: Syaikh Al-Shaduq (w. 381 H/ 991 M) dalam Al-I’tiqâdât menyatakan, “Alquran dalam keyakinan kami adalah kalam, wahyu, perkataan, dan kitab yang diturunkan Allah. Sesungguhnya ia (Alquran) tidak datang kepadanya ... Read More »

Keterjagaan Alquran dari Penyimpangan

terjaga

Alquran mempunyai beberapa nama yang kesemuanya menunjukkan kedudukannya yang tinggi dan luhur, dan secara mutlak Alquran adalah kitab samawi yang paling mulia. Karenanya dinamailah kitab samawi itu dengan: Al-Qur’ân, Al-Furqân, Al-Tanzil, Al-Dzikr, Al-Kitâb, dan sebagainya. Seperti halnya Allah juga telah ... Read More »

Scroll To Top