Sunday , February 18 2018
Breaking News
Mediasi Trans7 dan IJABI di KPI

Mediasi Trans7 dan IJABI di KPI

Menanggapi pengaduan dari Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI) terhadap Trans7, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melakukan mediasi untuk kedua belah pihak (07/11) pukul 11.00 Wib.

Pengaduan tersebut terkait dengan program Khazanah episode “Mengenal Syiah” yang dinilai mengandung unsur pelanggaran.

“Pertama, kita menganggap tayangan itu tidak cover both side, itu ‘Mengenal Syiah’ tapi tidak ada dari kalangan Syiah yang menjelaskan apa itu Syiah. Dan berita itu penuh dengan kebohongan, fitnah, menghasut, dan itu berpotensi merusak integritas Nasional”. Kata Adi Bunardi, Sekjen IJABI.

Dalam pengaduanya, IJABI meminta kepada pihak Trans7 agar meminta maaf dan memberikan ruang pada pihak IJABI untuk diliput dan menjadi narasumber dalam program Khazanah sebagai hak jawab. Menanggapi itu, pihak Trans7 meminta tenggang waktu 1 bulan untuk mempertimbangkan permintaan hak jawab dari IJABI.

Mediasi tersebut berlangsung di kantor KPI pusat Jalan Gajah Mada 8. Jakarta. Dihadiri tiga pihak dengan perwakilan masing-masing; Adi Bunardi selaku Sekjen IJABI sebagai perwakilan dari IJABI, Titin Rosmasari selaku pimpinan redaksi Trans7 mewakili pihak Trans7, dan dari KPI Rahmat Arifin selaku Komisioner KPI pusat.

Mediasi tersebut menghasilkan kesepakatan sementara yaitu, memberikan tenggang waktu 1 bulan kepada pihak Trans7 untuk mempertimbangkan permintaan yang dajukan dari pihak IJABI.

Ketika diwawancarai oleh reporter media Ahlul Bait Indonesia (ABI), Adi Bunardi menjelaskan, jika lebih dari 1 bulan pihak Trans7 tidak menanggapi permintaan dari IJABI, maka IJABI akan terus memproses masalah ini bahkan hingga tingkat pengadilan.

Selo Ruwandanu selaku Produser program khazanah Trans7 sendiri ketika diwawancarai menjelaskan, dalam waktu dekat ia akan mengadakan pertemuan dengan menghadirkan tokoh Syiah seperti yang dikehendaki IJABI sebelumnya. Dalam rencana itu pihak Trans7 akan mengundang Dr. Jalaluddin Rahmat sebagai perwakilan Syiah untuk membicarakan lebih lanjut terkait mediasi antara Trans7 dengan IJABI.

Ketika ditanya apakah acara yang dapat menimbulkan kontroversi seperti program Khazanah episode “Mengenal Syiah” bisa menaikkan rating, Selo menjawab “itu tidak benar”. Produser program Khazanah ini juga menjelaskan bahwa ia tidak tahu sebelumnya kalau acara itu dapat menimbulkan kontroversi. Dan tayangan yang kontroversi, memiliki rating rendah menurut dia, ketika diwawancarai di kantornya. (ABI/AM)

 

 

 

 

 

 

 

One comment

  1. Good job, ini lqngkah yg cerdas sekaligus shock terapi pd trans tv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top