Monday , June 18 2018
Breaking News
Sikap Resmi Ormas Islam Ahlul Bait Indonesia atas Klasifikasi Syiah Indonesia Menurut Habib Rizieq Shihab

Sikap Resmi Ormas Islam Ahlul Bait Indonesia atas Klasifikasi Syiah Indonesia Menurut Habib Rizieq Shihab

abiBerkenaan dengan Klasifikasi Syiah Indonesia oleh Habib Rizieq Shihab, berikut ini Tanggapan/Sikap Resmi Ormas Islam Ahlul Bait Indonesia:

1. Ormas Islam Ahlul Bait Indonesia berpendapat bahwa klasifikasi Syiah menjadi 3 golongan (ghulat, rafidhah dan mu’tadilah), merupakan pendapat ilmiah Habib Rizieq Shihab yang patut dihargai dan perlu dikaji lebih jauh.

2. Ormas Islam Ahlul Bait Indonesia menyatakan dengan tegas berlepas tangan dari golongan ghulat yang menuhankan Ali bin Abi Thalib dan rafidhah yang digambarkan sebagai pencaci-maki para sahabat dan istri Nabi.

3. Ormas Islam Ahlul Bait Indonesia juga menegaskan kepada semua pihak tentang ketiadaan Syiah ghulat di Indonesia. Andaikata ada oknum Syiah ghulat yang menuhankan Ali bin Abi Thalib, maka bagi Ormas Islam Ahlul Bait Indonesia mereka adalah kafir.

4. Ormas Islam Ahlul Bait Indonesia juga ingin menegaskan kepada seluruh umat Islam Indonesia bahwa mayoritas mutlak Syiah di Indonesia adalah mu’tadilah sebagaimana klasifikasi Habib Rizieq Shihab, yaitu Syiah yang bersikap menghargai seluruh figur yang dihormati dan dimuliakan umat Islam Indonesia.

5. Ormas Islam Ahlul Bait Indonesia menegaskan, seluruh Syiah Indonesia sudah paham sepenuhnya bahwa caci-maki dan pengutukan bukanlah akhlak yang diajarkan oleh Ahlul Bait sebagai panutan mereka dan bukan pula fatwa ulama Syiah paling muktabar pada saat ini.

6. Ahlul Bait Indonesia mengajak seluruh elemen umat Islam untuk menyadari bahwa gerakan pengkafiran dan penyesatan yang menggunakan kekerasan sama sekali bukanlah jalan yang dianjurkan oleh Al-Qur’an dan Sunnah Nabi.

7. Ormas Islam Ahlul Bait Indonesia menyatakan dengan tegas bahwa oknum-oknum Syiah yang mencaci-maki para sahabat dan istri Nabi, yang sikapnya bertentangan dengan fatwa ulama Syiah paling muktabar di zaman ini, jelas merupakan agen-agen Zionis yang sengaja disusupkan untuk memecah-belah ukhuwah umat Islam dan mengobarkan konflik sektarian di negeri Indonesia tercinta. Karena itu Ormas Islam Ahlul Bait Indonesia menganggap mereka sama dengan kelompok takfiri yang mengkafirkan Syiah itu sendiri dan menganggap mereka sebagai dua sisi dari satu blok yang sama, yakni blok musuh Islam.

Demikian Tanggapan/Sikap Resmi Ormas Islam Ahlul Bait Indonesia ini kami sampaikan. Semoga Allah Swt senantiasa meridhai setiap langkah kita dan mempererat ukhuwah umat Islam di Indonesia.

Jakarta, 14-12-2013

KH. Hasan Alaydrus
Ketua Umum DPP  Ahlul Bait Indonesia

12 comments

  1. Allahumashalli ala Muhammad wa ali Muhammad

  2. Subhanallah.. Sikap ABI mencerminkan Islam yg sesungguhnya

  3. Kullu Yaumin Asyura, wa Kullu Ardhun Karbala

    Labaika Yaa Ali
    Labaika Yaa Hasan
    Labaika Yaa Husein

  4. Afwan..
    Antum sekalian ngaku cucu Rasulullah.?
    Coba antum tanya imam ali,jga imam Husen,anak2x beliau namax siapa aja.?
    Nama Anak imam Hasan siapa aja.?
    Ada yang abubakar,ada yang umar,ada yang usman.

    Pikir ma antum
    Jangan seenakx kalian caci maki sahabat nabi.

    • ahlulbait author

      mencaci sahabat dan istri Nabi diharamkan dalam Syi’ah. pemimpin spiritual tertinggi Syi’ah, Imam Ali Khamenei jelas fatwanya. begitupun marja-marja besar Syi’ah lainnya. yang mengkafirkan adalah kelompok sempalan Syi’ah yang ditolak jumhur Syi’ah, seperti Yasir Habib yg ngumpet di Inggris dan dilindungi penuh oleh Inggris. mohon bedakan… : )

      • Istri Nabi apa termasuk Aisyah, sahabat nabi apa termasuk Abu Bakar, Umar dan Ustman yang haram dicaci????? yang jelas dong Istri dan sahabat yang ada maksud??? Jangan Takiyah anda….

        • ahlulbait author

          jawaban sudah jelas. tak ada taqiyah di sini. Syi’ah yang takfiri adalah kelompok ekstrim dan minoritas dalam Syi’ah. mainstream Syi’ah menentang sikap takfiri sesuai fatwa para marja2 besar Syi’ah.

  5. hikmah muthahhari

    Diantara para sahabat nabi tdk diragukan lagi terdpt orang2 yg mulia & patut diteladani. Mrk is orang2 yg berpegang teguh & taat thd apa yg tlh diajarkan & diperintahkan oleh nabi. Walaupun begitu, para sahabat nabi bknlah orang yg selalu benar & ada diantara mrk yg perilakunya tdk patut utk diteladani umat Islam.

  6. hikmah muthahhari

    Syiah meyakini bhw seorang manusia, meskipun sahabat Nabi, bergantung pd amalnya, sesuai dgn prinsip al-Quran yg menyatakan: Sesungguhnya orang yg paling mulia di sisi Allah is orang yg paling bertakwa. QS.49:13. Maka, siapa saja di antara sahabat Nabi yg selama bersama Nabi, ikhlas & trs dlm garis ini dlm menjaga Islam & kesetiaan kpd al-Quran sesudah wafatnya, Syiah mengakuinya & mengkategorikannya sbg orang salih.

  7. Ajaran penting Nabi adalah penyerahan diri kepada Tuhan dan akhlak yang baik kepada sesama manusia. Nabi adalah manusia, keturunan dan sahabat2nya juga manusia. Selama masih manusia yg berlaku baik tidak ada lain kecuali harus dihormati. Tidak peduli syiah atau bukan.

  8. Amin Saefullah Muchtar dalam fb menulis perihal diskusi buku “Hitam dibalik Putih”: Kami telah mengundang salah seorang tokoh Syiah Abi, bln Januari 2014. Beliau bkn sekadar penulis melainkan penanggung jawab tim penulis buku putih.
    Benarkah? dan Bagaimana hasilnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top