Monday , July 23 2018
Breaking News
Sindir Pangeran Saudi, Ayatollah Khamenei: Berunding dengan Israel itu Salah Besar

Sindir Pangeran Saudi, Ayatollah Khamenei: Berunding dengan Israel itu Salah Besar

Langkah apa pun untuk berunding dengan Israel adalah kesalahan yang tak termaafkan, kata Pemimpin Spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Kritik keras Ayatollah Khamenei ini dilontarkan setelah Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman menyatakan Israel berhak hidup damai di tanah mereka.

Pernyataan Mohammad bin Salman yang berasal dari negara yang tidak mengakui eksistensi Israel itu dianggap media massa Barat sebagai isyarat bakal membaiknya hubungan Saudi dan Israel.

“Berunding dengan rezim (Israel) culas, pendusta dan penindas adalah kesalahan besar yang tak termaafkan yang akan mencabut kemenangan rakyat Palestina,” kata Ayatollah Khamenei seperti dikutip situs berita Antara.

Pernyataan itu tidak secara eksplisit menyebut Arab Saudi, namun menandaskan bahwa adalah kewajiban semua Muslim untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina. Sebaliknya sang imam menegaskan bahwa Iran akan terus mendukung Hamas, Palestina.

Baca juga: Pewaris Tahta Arab Saudi sampaikan kalimat bersahabat kepada Israel

Bulan lalu Saudi membuka ruang udaranya untuk pertama kali bagi penerbangan sipil Israel yang disebut Israel sebagai bersejarah setelah dua tahun merintis hal ini.

November tahun lalu seorang anggota kabinet Israel membeberkan kontak rahasia dengan Saudi, padahal sebelum ini kedua belah pihak selalu membantah semua rumor menyangkut kontak rahasia Saudi-Israel.

Pernyataan Ayatollah Khamenei di atas adalah jawaban untuk sebuah surat yang baru saja dia terima dari Ketua Hamas Ismail Haniya yang mengkritik dukungan pemerintah Arab di Timur Tengah kepada AS.

Hamas, yang telah bersumpah untuk menghancurkan Israel, mendominasi Jalur Gaza yang pekan ini menjadi tempat untuk paling sedikit 17 warga Palestina tewas akibat serangan dari pasukan militer Israel.

Ayatollah Khamenei menyeru semua negara Muslim untuk mengalahkan Israel.  “Dengan perjuangan gigih dan terencana mereka akan memaksa musuh mundur sampai titik kebinasaan,” kata Ayatollah Khamenei. (MZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top