Thursday , May 24 2018
Breaking News
Aplikasi Safe Travel, Inovasi Pemerintah untuk Lindungi WNI di Luar Negeri

Aplikasi Safe Travel, Inovasi Pemerintah untuk Lindungi WNI di Luar Negeri

Kementerian Luar Negeri meluncurkan aplikasi “Safe Travel” yang berbasis multi-platform sebagai inovasi perlindungan terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Aplikasi Safe Travel Kemlu diluncurkan secara resmi oleh Menteri Luar Negeri, Retno L.P. Marsudi, pada puncak acara The Safe Travel Festival yang digelar di Jakarta (14/4).

“Kita terus berinovasi dalam rangka perlindungan WNI. Safe Travel adalah inovasi terbaru. Ini adalah inovasi perlindungan WNI zaman now”, kata Menlu Retno.

Aplikasi Safe Travel Kemlu sendiri pertama diluncurkan dalam versi android (beta) pada Januari 2017, dilatarbelakangi oleh kejadian gempa bumi di Nepal. Aplikasi Safe Travel Kemlu diharapkan dapat meningkatkan perlindungan bagi para WNI yang berada di Luar Negeri.

Tidak hanya dalam kondisi darurat, aplikasi ini dirancang dengan konsep aman dan menyenangkan, berisikan informasi praktis yang diperlukan WNI. Dalam aplikasi yang dapat diunduh gratis ini, WNI akan mendapatkan informasi lengkap mengenai berbagai negara di dunia; informasi kontak Perwakilan RI; hukum dan tata aturan yang berlaku di masing-masing negara, mata uang setempat, tempat ibadah, lokasi wisata, maupun informasi kuliner.

Fitur penting lain yakni tombol darurat (panic button). Dalam keadaan darurat, WNI yang berada di luar negeri dapat menggunakan fitur tombol darurat untuk mengirim foto, merekam video, menghubungi Perwakilan RI terdekat dan mengirim lokasi kejadian. “Ini akan membuat WNI lebih aman,” ungkap Menlu Retno.

Masyarakat tampaknya merespons baik inovasi Kemlu ini. “Aplikasi yang sangat berguna, terlebih kalau kita ke negara yang jarang ​​​​​dikunjungi orang,” tulis Wisnu Broto, dalam kolom review yang diunggah pada Maret lalu.

Sementara pengunduh Safe Travel lain, Marisa Febriana Wardani, mengatakan aplikasi ini bagus untuk merencanakan perjalanan dan mendapatkan bantuan perlindungan WNI di luar negeri

“Selain untuk meningkatkan keamanan WNI selama di luar negeri, diharapkan para WNI juga dapat menikmati keseruan fitur-fitur yang ada. Dengan Safe Travel, kehadiran negara dapat dirasakan dalam genggaman,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI), Lalu Muhammad Iqbal. (Kemlu/MZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top