Monday , July 23 2018
Breaking News
Halal Bihalal ABI dan MAI Jawa Timur Serta Komitmen Bersama Meningkatkan Organisasi

Halal Bihalal ABI dan MAI Jawa Timur Serta Komitmen Bersama Meningkatkan Organisasi

Keluarga besar Ormas Islam Ahlulbait Indonesia (ABI) dan Muslimah Ahlulbait Indonesia (MAI) se-Jawa Timur mengadakan acara Halal Bihalal untuk mempererat silaturahmi dan mengoptimalkan peran pengurus dalam pergerakan dakwah Ormas ABI. Halal Bihalal berlangsung di gedung Al-Qurba Pandaan Kabupaten Pasuruan, Kamis 28 Juni 2018.

Ketua ABI Jatim, Ustaz Abdillah Baabud dalam sambutannya menyampaikan tiga hal yang harus dijadikan pedoman dalam organisasi. Pertama, takziyatun nafs. Kedua, harus punya pandangan ukhrowiyah. Ketiga, memfokuskan pergerakan menuju “Ridho Allah Swt.”

Acara juga dihadiri Dewan Syura ABI, Ustaz Zahir Yahya. Beliau menyampaikan beberapa saran untuk para pengurus ABI dan jajarannya. Dalam upayanya membangun umat, Ustaz Zahir menyampaikan beberapa pilar yang harus dipahami, di antaranya: tentang keyakinan atau aqidah, akhlak, sejarah, visi dan misi serta sikap, dan relasi terhadap internal maupun eksternal, juga “tatanan sosial di setiap masyarakat, peran masing-masing harus jelas, mana ketua, wakil, dsb.”

Sementara itu, sebagai upaya membangun pola koordinasi yang efektif, Ketua DPP ABI, Ustaz Musa Kazim Alhabsyi yang juga hadir, menekankan dalam forum itu beberapa hal. Pertama, niat. Dalam berorganisasi harus paham betul apa yang akan dilakukan agar tidak keliru atau salah niat. Kedua, kesepakatan. Dasar sebuah organisasi adalah diskusi atau musyawarah dan menghasilkan kesepakatan. Ketiga, tujuan harus sama. Dalam berorganisasi, walau fungsi atau peran masing-masing berbeda, tapi tujuan harus sama. Dalam organ tubuh manusia misalnya, semua organ tubuh tidak ada yang sama fungsinya, mulai dari mata, telinga, mulut, punya fungsi masing-masing. Namun demikian, organ-organ tubuh itu berada dalam satu tubuh dan berjalan dalam satu tujuan.

Ustazah Aminah bin Yahya (Ketua MAI Jatim) dan Ustaz Abdullah Beik (Dewan Syura ABI) juga berkesampatan hadir dan menyampaikan sambutan dalam kesempatan yang baik itu.

Acara yang dihadiri 120 peserta itu disambung dengan kegiatan Tata Kelola Kader yang dipandu Arif Ambari dari sekretaris departemen pendidikan kader DPP ABI. (asf/ahlulbaitindonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top