Monday , July 23 2018
Breaking News
Harapan Pengungsi Syiah Sampang pada Gubernur Jatim Terpilih

Harapan Pengungsi Syiah Sampang pada Gubernur Jatim Terpilih

Pengungsi Muslim Syiah di Rumah Susun Jemundo Sidoarjo Jawa Timur menaruh harapan besar kepada pasangan gubernur dan wakil gubernur yang terpilih melalui Pilkada 2018. Mereka berharap, gubernur Jatim pengganti Soekarwo bisa mengembalikan mereka ke kampung halaman di Kabupaten Sampang.

Tajul Muluk selaku koordinator pengungsi Muslim Syiah Sampang mengatakan bahwa siapapun yang dilantik sebagai gubernur baru Jawa Timur, diharapkan bisa menyelesaikan masalah pengungsi Muslim Syiah dengan mengembalikan mereka ke kampung halaman di Desa Karanggayam, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang.

Baca juga: Nasib Syiah Sampang

Menurutnya masalah Syiah hanyalah masalah kecil yang membutuhkan keberpihakan secara politik pemerintah kepada warga Muslim Syiah. “Ini hanya masalah kecil, bagaimana nanti provinsi bisa mengatasi masalah besar jika masalah kecil saja tidak bisa diselesaikan, termasuk mengatur rekonsiliasi dan menjamin keamanan kami saat di kampung halaman,” kata Tajul Muluk saat dihubungi kompas.com¬†usai pemungutan suara dua pekan lalu.

Ratusan pengungsi Muslim Syiah mencoblos di 2 TPS yang disediakan di sekitar rumah susun Jemundo Sidoarjo. Saat ini ada 300 lebih warga penganut Syiah Sampang yang mendiami Rusun Jemundo. Warga Muslim Syiah tersebut terpaksa diungsikan ke Rusun Jemundo pada Agustus 2012 karena provokasi kelompok intoleransi sehingga menyebabkan pengusiran dan pembakaran. Aksi pembakaran juga pernah terjadi pada 2011. (asf/kompas/abi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top