Wednesday , January 24 2018
Breaking News
Asian Muslim Action Network (AMAN): Tidak Ada Konflik Berbasis Agama

Asian Muslim Action Network (AMAN): Tidak Ada Konflik Berbasis Agama

Mengundang kalangan media online dan cetak di Hotel Sofyan Jl. Dr. Soepomo, SH No 23, Tebet Jakarta, Asian Muslim Action Network (AMAN) mengeluarkan Siaran Persnya Merespon Konflik Syiah – Sunni Kamis (19/09/2013).

Berbicara di depan media online dan cetak Ruby Khalifah dan Imam Malik memaparkan tujuan tujuan diadakan koferensi pers ini. Menurut Ruby Khalifah dalam paparannya salah satu tujuan siaran pers ini dimaksudkan untuk mendorong proses rekonsiliasi syiah-sunnah Sampang yang dilakukan beberapa elemen masyarakat di Jawa Timur. AMAN menilai bahwa proses rekonsiliasi sebaiknya dilakukan tidak satu pintu saja melainkan dari beberapa pintu agar tidak didominasi oleh elit politik.

Lebih lanjut Ruby Khalifah memaparkan perilaku penuduhan kafir dan sesat adalah sebuah trend global yang terjadi di mana mana terutama di negara yang memiliki potensi konflik berkepanjangan seperti di Pakistan, Afghanistan dan Malaysia seakan yg ada di Indonesiapun diseret ke penolakan di negara tersebut sebagaimana Syiah di Pakistan ditolak kenapa di Indonesia diterima.

Sementara Itu Imam Malik memaparkan bahwa konferensi pers ini melanjutkan pertemuan AMAN di Bangkok Thailand 1 September 2013. Pertemuan di Bangkok membuka mata semua anggota AMAN bahwa pengalaman konflik sunnah dan syiah di Pakistan, Malaysia dan Afghanistan tidak pernah selesai karena yang diusung adalah klaim kebenaran meski sebenarnya basis konfliknya adalah kepentingan kekuasaan. Bukan karena kepemimpinan dalam Islam seperti Imamah atau Khilafah yang menjadi basis konfliknya tetapi  ada upaya politisasi karena hal itu memang yang paling pas untuk melanggengkan konflik demi tujuan politis.

Lebih lanjut Imam Malik memaparkan menurut AMAN tidak ada konflik berbasis keyakinan yang ada adalah konflik itu berbasis politik karenanya posisi AMAN tidak membela salah satunya tapi mengupayakan konflik sunnah-syiah segera berakhir dan ukhuwah Islamiyah segera terwujud.

Ketika ditanya mengenai konflik sunnah-syiah yang ada di Jawa Timur Imam Malik mengatakan bahwa sekarang ini ada perkembangan yang begitu cepat bahwa syiah sudah dijadikan sebagai stigma.

“Saya kuatir nantinya jika ada orang bermusuhan dan untuk mengalahkan pihak lawan maka salah satunya memberikan stigma syiah kepada lawannya atau menuding lawannya sebagai syiah, karena itu sudah terjadi di Puger Jember Jawa Timur”. Katanya

The Asian Muslim Action Network (AMAN) adalah jaringan Muslim dan non Muslim -baik individu maupun institusi- di Asia. Didirikan tahun 1990, AMAN bekerja untuk memromosikan keadilan dan perdamaian, termasuk pemberdayaan masyarakat, dialog antar umat beragama, serta advokasi atas hak-hak asasi manusia dan perempuan. AMAN memiliki cabang di negara-negara Asia.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan oleh Imam Malik di depan kalangan Media bahwa saat ini Prof. Azyumardi Azra sebagai Chairman AMAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top