Tuesday , December 12 2017
Breaking News
Biografi Singkat Imam Ali Al-Hadi as.

Biografi Singkat Imam Ali Al-Hadi as.

Imam Ali Al-Hadi as.

Nama                    : Ali

Gelar                     : Al-Hadi

Panggilan            : Abul Hasan

Ayah                      : Imam Muhammad Al-Jawad

Ibu                         : Samanah/Sayyidah

Kelahiran            : Madinah

Kesyahidan        : 254 H

Usia                       : 22 Tahun

Makam                 : Samara, Irak

Jumlah Anak     : 5 orang. 4 laki-laki dan 1 perempuan

Setelah ayahnya syahid, imam Hadi as. hidup dalam suasana yang penuh kekangan yang diwiujudkan oleh Mutawakil Al-Abasi. Dengan mengadakan penyerangan dan penghancuran terhadap kubutuhan Imam Husain as. para pengikut Syi’ah hidup lebih terkekang dan merasa ketakutan dari pada masa-masa sebelumnya. Ia dengan tujuan ingin mengasingkan Imam Hadi as. dari mereka dan dapat mengontrolnya dengan seksama, memerintahkan untuk memindahkan Imam as. ke Samara.

Mutawakil pernah memerintahkan Yahya bin Hurt sumah, salah seorang komandan pasukannya untuk menggeledah rumah Imam Hadi as. barangkali dapat ditemukan bukti-bukti atas usahanya mengadakan perlawanan terhadap pemerintah yang dapat dijadikan tuduhan untuk menjatuhkan hukum terhadapnya.

“telah kugeledah rumah Imam Hadi dan aku tidak menemukan di dalamnya kecuali Al-Quran, kitab-kitab doa dan ilmu pengetahuan”, cerita Yahya bin Hurtsumah.

Dengan situasi yang sangat mengekang tersebut, Imam Hadi as. masih sempat untuk memperkuat benteng pertahanan di dalam diri masyarakat sehingga mereka dapat menghadapi situasi dengan tegar dan pantang menyerah. Khumus, zakat dan pajak-pajak yang diserahkan oleh para pengikutnya masih tetap sampai ke tangan Imam as. baik secara diam-diam maupun terang-terang guna disalurkan demi kepentingan pergerakkan melawan pemerintah sehingga perlawanan tersebut tetap hidup bernyawa.

Ia syahid pada tahun 254 H. di usia yang ke-42 tahun. Ia diracun oleh mu’tazz, salah seorang khalifah dinasti Abasiyah yang dilakukan langsung oleh Mu’tamid Al-Abasi.

#Selamat berbahagia atas kelahiran Imam Ali Al-Hadi as.

e9c21474-ee64-4348-8859-01afd5461bf5

Baca juga:

Biografi Singkat Imam Ali Ar-Ridha

Biografi Singkat Imam Muhammad Al-Jawad

Biografi Singkat Imam Muhammad Al-Baqir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top