Tuesday , August 22 2017
Breaking News
Cegah Narkoba, UIN Raden Intan Terapkan Tes Urine bagi Calon Mahasiswa Baru

Cegah Narkoba, UIN Raden Intan Terapkan Tes Urine bagi Calon Mahasiswa Baru

Bandar Lampung – UIN Raden Intan Lampung melalui panitia PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) mengadakan tes urine untuk calon mahasiswa baru (camaba) angkatan 2017. Tes urine ini akan dilaksanakan mulai tanggal 7 hingga 11 Agustus 2017 di GSG UIN Raden Intan.

Wakil Rektor (WR) III yang juga penanggung jawab tes urine ini Prof. Dr. Syaiful Anwar, M.Pd. mengungkapkan, tes ini merupakan komitmen UIN Raden Intan Lampung terhadap pemberantasan Narkoba. Tes urine tahun ini merupakan tahun yang kedua, setelah yang pertama berjalan pada 2016 dan bekerjasama dengan pihak terkait seperti Polda Lampung dan PMI.

“Masalah narkoba ini merupakan masalah yang cukup darurat bagi bangsa ini, karena efeknya yang luar biasa bagi peradaban bangsa kita di masa depan.  Tes ini wajib diikuti calon mahasiswa baru untuk memastikan bahwa mahasiswa dan lembaga ini bebas dari narkoba,” tegas WR III saat memberikan sambutan pada hari pertama tes urine di GSG, Senin (7/8/2017).

Melalui WR III, Rektor berpesan bahwa lembaga ini sedang tumbuh dan berkembang. Maka dengan itu, pimpinan berharap agar UIN Raden Intan menjadi contoh dan pelopor perguruan tinggi lainnya dalam memberantas narkoba dan membangun peradaban yang lebih sehat dan islami khususnya di provinsi Lampung.

Tes urine ini rencananya akan dilakukan sebanyak dua kali. Tes yang kedua akan dilaksanakan menjelang ujian skripsi. Hal tersebut untuk memastikan bahwa mahasiswa benar-benar bebas dari narkoba.

Menurut WR III, tidak menutup kemungkinan ada calon mahasiswa ataupun yang sudah mahasiswa terindikasi terlibat penggunaan narkoba.  Guru besar bidang manajemen pendidikan ini menyampaikan, jika terindikasi, kemungkinan yang bersangkutan akan dikeluarkan dari kampus atau direhabilitasi sesuai dengan komitmen dan tingkat indikasi penggunaannya.

Tes ini diikuti oleh 5090 camaba yang teregistrasi di Bagian Akademik. Adapun rinciannya yaitu FTK 2232 camaba, FSH 1022 camaba, FU 397 camaba, FDIK 697 camaba dan FEBI 742 camaba.

Jadwal tes urine, untuk FTK dilaksanakan dua hari mulai 7-8 Agustus 2017. Fakultas lainnya yakni FSH 9 Agustus, FEBI 10 Agustus, FDIK dan FU 11 Agustus 2017. Setiap jadwal tes, dimulai dari pukul 08.30 – 15.30 WIB. (humasuinradenintan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top