Tuesday , August 22 2017
Breaking News
Enam Ramuan Alami Pereda Batuk-Pilek

Enam Ramuan Alami Pereda Batuk-Pilek

Di musim pancaroba saat kondisi ketahanan tubuh cenderung menurun, batuk dan pilek pun kadang menyerang. Kondisi ini kerap mengganggu terutama bagi mereka yang banyak beraktivitas di luar ruangan.

Meski untuk melawan batuk-pilek banyak cara dapat ditempuh, obat pun dapat dibeli dengan mudah di pasaran, namun ternyata dapat dibuat sendiri obat-obatan dengan bahan alami yang ada di sekitar kita.

Berikut ini sejumlah bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk meredakan batuk dan pilek di pergantian musim seperti saat ini.

1. Jahe

Jahe dikenal secara umum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahan alami yang satu ini menjadi salah satu solusi termudah untuk mengurangi batuk kering dan menjengkelkan. Caranya, ambil sepotong jahe, tambahkan garam kemudian tinggal dikunyah. Selain itu, kombinasi jahe dan daun Tulsi juga dapat menjadi obat alami untuk menyembuhkan batuk dan pilek.

2. Teh Akar Licorice

Teh akar Licorice secara alami dapat meredakan peradangan, membersihkan lendir dan melegakan tenggorokan.

3. Bawang Putih

Bawang putih dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain dianggap efektif sebagai antimikroba, bawang putih juga efektif mengatasi batuk dan pilek secara alami. Caranya, hancurkan 4-6 siung bawang putih mentah lalu tumis dengan satu sendok teh ghee. Ramuan ini juga sangat baik dikonsumsi dalam kondisi hangat dan dapat pula dicampurkan dalam makanan Anda.

4. Kombinasi Madu, Lemon dan Biji Rami

Air rebusan biji rami dapat menjadi penyembuh alami sekaligus meringankan kerja paru-paru. Apalagi bila ditambahkan madu dan lemon, yang dikenal sebagai antibiotik alami, ramuan inipun dapat meringankan radang tenggorokan dan memperkuat kekebalan tubuh melawan penyakit.

5. Air Garam

Berkumur air garam hangat adalah cara alami melawan kuman dan meredakan sakit tenggorokan. Air garam juga dapat mengurangi peradangan dan membantu mengencerkan lendir.

6. Teh Lada Hitam

Lada hitam adalah rempah mujarab yang dikenal dapat mengencerkan lendir. Berbeda dengan  teh biasa, minum teh lada hitam setiap pagi akan sangat berguna untuk melawan batuk dan pilek. Caranya, tambahkan 2-3 biji lada hitam dan bubuk teh ke dalam secangkir air mendidih. Biarkan sekitar 5 menit. Agar lebih efektif,  tambahkan satu sendok (atau lebih) madu murni, kemudian minum dalam kondisi hangat. (Lutfi/Yudhi)

 

Sumber : www.viralalternativenews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top