Wednesday , January 24 2018
Breaking News
JK: Indonesia Butuh 100 Mobil Donor Darah

JK: Indonesia Butuh 100 Mobil Donor Darah

Oris Riswan Budiana – detikBandung

Bandung – Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengungkapkan Indonesia butuh 100 mobil donor darah untuk disebar di berbagai daerah. Hal itu untuk memudahkan PMI mencari donor darah. Selain itu, calon pendonor juga tidak perlu jauh-jauh datang ke markas PMI.

“Kita butuh 100 unit. Sekarang kita lagi bikin 25 unit dulu, sisanya mudah-mudahan tahun ini selesai,” ujar JK, panggilan akrabnya.

 

Hal itu dikemukakan JK kepada wartawan usai menghadiri ‘Penyerahan Satu Unit Bus Donor Darah dari Cipaganti Group ke PMI Kota Bandung’, di Hotel Aston, Jalan Pasteur, Minggu (1/5/2011).

Dijelaskan JK, satu unit mobil bisa menampung darah hingga 50 labu. Dengan begitu, diharapkan kebutuhan darah bisa terpenuhi. “Apalagi kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah meningkat tiap tahunnya,” katanya.

Keberadaan mobil donor darah itu, nantinya bakal menggunakan sistem ‘jemput bola’. Di mana, mobil akan bergerak ke tempat-tempat umum mencari pendonor seperti ke mall, perkantoran, dan kampus-kampus.

Khusus untuk Jabar, sambung dia, sedikitnya dibutuhkan 12 unit mobil. “Kebutuhan Jabar 12, tapi sekarang baru punya dua unit. Mudah-mudahan tahun ini tercukupi semuanya,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top