Tuesday , August 22 2017
Breaking News
Makanan Sehat dan Tepat Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat dan Tepat Untuk Ibu Hamil

Untuk menjaga kesehatan dan perkembangan anak yang dikandungnya, ibu hamil dianjurkan menjaga pola makan yang sehat, terutama pemenuhan asupan gizi yang cukup bagi si janin. 

Makanan apa saja yang baik dikonsumsi ibu hamil?

1. Buah Delima.

Delima bermanfaat menghilangkan rasa mual dan mau muntah. Selain itu juga sangat baik bagi orang yang memiliki masalah kurang darah, penyakit kuning, nyeri sendi, tekanan darah dan wasir. Dengan mengonsumsi buah delima ibu hamil juga dipercaya dapat melahirkan anak yang cantik atau tampan.

2. Buah Pir.

Pir selain bermanfaat untuk menguatkan jantung, kebersihan lambung dan hati, dipercaya juga dapat mempengaruhi keberanian dan wajah rupawan bagi bayi.

3. Almon.

Buah almon dapat mengelastiskan payudara pada masa menyusui, karena biasanya payudara ibu pasca melahirkan berubah membesar dan menjadi lebih kencang karena tingginya produksi air susu. Almon juga bermanfaat menguatkan kantong kemih serta menyembuhkan rasa nyeri dan sakit saat buang air kecil.

Selain ketiga makanan di atas, masih banyak lagi jenis makanan lain beserta manfaatnya masing-masing. Di sini kami tidak hanya mencoba merangkum manfaat dari jenis makanannya saja namun juga mencoba meringkas jenis-jenis makanan apa saja yang dianjurkan dikonsumsi ibu hamil mulai bulan kehamilan pertama hingga bulan kesembilan menjelang kelahiran si buah hati.

Bulan Pertama:

Dianjurkan setiap pagi makan sedikit buah apel manis.

Setiap Jumat sebelum sarapan, makan buah delima.

Makan dua butir kurma sebelum sarapan.

Bulan Kedua:

Setiap minggu sekali hendaknya mengonsumsi daging dan susu selain memakan apel manis yang seimbang kadarnya.

Bulan Ketiga:

Setiap minggu hendaknya mengonsumsi gandum, daging, dan susu secukupnya.

Minum sedikit madu setiap pagi.

Makan buah apel setiap hari.

Bulan Keempat:

Hendaknya makan apel manis, madu, dan delima.

Bulan Kelima:

Makan beberapa butir kurma setiap hari.

Mengonsumsi sebutir telur setiap hari sebelum sarapan.

Bulan Keenam:

Mengonsumsi bubur sumsum di pagi atau malam hari serta tidak memakan lemak hewani.

Mengonsumsi delima setiap sebelum sarapan.

Bulan Ketujuh:

Makan almon setelah salat Subuh.

Makan buah Beh.

Bulan Kedelapan:

Mengonsumsi yoghurt manis dan madu.

Setiap Jumat makan delima sebelum sarapan.

Bulan Kesembilan: 

Sebaiknya makan kebab dan kurma. Jauhi makanan yang berbumbu.

Setiap hari makan sedikit kurma dan susu. 

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan adalah, sangat baik bagi seorang ibu hamil jika mereka sering makan, akan tetapi setiap kali makan hendaknya perut tidak sampai penuh. Karena jika perut penuh akan terjadi tekanan pada usus dan rahim, serta dapat menyebabkan sembelit.

Ibu hamil hendaknya menjauhi makan garam, bahkan pada tiga bulan terakhir masa kehamilan lebih baik sama sekali tidak makan garam.

Mengonsumsi tomat berlebihan juga dapat menyebabkan anak menjadi cacat. Yoghurt masam juga tidak baik buat ibu hamil sebagaimana tidak boleh makan makanan pedas dan pahit.

Demikian penjelasan sederhana yang disadur dari buku Panduan Ibu Muslim karya Sima Mikhbar, terbitan Zahra Publishing House yang sejak tahun 2004 lalu tercatat telah enam kali cetak hingga saat ini. (Malik/Yudhi) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top