Tuesday , December 12 2017
Breaking News
Manfaat Terpendam Daun Salam

Manfaat Terpendam Daun Salam

Pohon Salam yang memiliki nama ilmiah Syzygium Polyanthum ini merupakan tumbuhan penghasil daun rempah (daun Salam) yang digunakan sebagai campuran bumbu berbagai masakan.

Tahukah Anda, selain digunakan sebagai bumbu masakan, daun Salam menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan?

Dilihat dari segi namanya saja “Salam” merupakan sebuah kata penuh makna. Dalam istilah umum, “Salam” bisa diartikan dengan keselamatan. Entah dari mana awalnya, tumbuhan yang satu ini bisa disebut dengan nama Salam. Jika boleh menerka-nerka, barangkali dilihat dari manfaatnya yang begitu besar, tumbuhan ini dianggap sebagai tumbuhan penyelamat; mencegah orang terserang penyakit, atau obat bagi yang sudah sakit. Bukankah kesehatan juga bagian dari keselamatan?

Sebagian orang takut mengonsumsi obat-obatan kimia karena dianggap memiliki efek samping dan berisiko bagi organ tubuh manusia. Sehingga obat-obatan alami seperti halnya daun Salam bisa menjadi alternatif bagi kesehatan. 

Berikut ini beberapa manfaat daun Salam.

Pertama, mencegah Kanker: Daun Salam mengandung asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin yang memiliki sifat perlindungan dan memberikan perlawanan terhadap berbagai jenis kanker. Daun Salam mengandung phytonutrient yang disebut parthenolide dan telah terbukti secara khusus menahan proliferasi sel Kanker Serviks.

Kedua, pengobatan gangguan ginjal: Daun Salam akan membantu mengobati Infeksi Ginjal, bahkan Batu Ginjal. Resep pengobatan ini hanya dengan mendidihkan 5 gram daun Salam dan 200 ml air sampai tersisa 50 ml air. Saring dan minum ramuan ini dua kali sehari, untuk menghentikan pembentukan Batu Ginjal.

Ketiga, Pengobatan Asam Urat:  Kandungan zat purin pada tubuh dapat bertumpuk dan menyebabkan gejala Asam Urat. Kita dapat mengambil manfaat daun Salam untuk mengurangi Asam Urat. Caranya, ambil sekitar 10 lembar daun Salam dan kemudian cuci bersih. Rebus dengan 10 gelas air, sampai sisa air tinggal 5 gelas. Minum rebusan ini dua kali sehari.

Keempat, mempengaruhi Kardiovaskuler:  Senyawa yang berharga seperti rutin, salisilat, asam caffeic dan fitonutrien yang kuat dalam daun Salam, dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah stroke. Flavanoid  membantu menormalkan darah pada penderita Hipertensi. 10 lembar daun Salam dicuci bersih, kemudian rebus dengan tiga gelas air. Minum selagi hangat satu kali sehari.

Kelima, sebagai Pengusir Serangga:  Daun Salam adalah obat nyamuk alami mengandung asam laurat. Hidangan dari daun Salam akan mengusir serangga. Minyak dari ekstrak daun Salam yang dioleskan, akan mengurangi sengatan dan gigitan serangga.

Rincian Gizi Daun Salam

Berbagai manfaat daun Salam dikaitkan dengan nilai gizi yang kaya. Daun ini sangat kaya vitamin, tembaga, kalium, kalsium, magnesium, besi, selenium dan mangan, selain mengandung fitokimia penting dan minyak atsiri.
 
•  Vitamin C 

Daun salam merupakan sumber yang kaya manfaat vitamin C. 100 gram daun Salam segar menyediakan sekitar 46,5 mg vitamin ini, yang setara dengan 77,5% kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA).

•  Vitamin A 

Daun Salam merupakan sumber manfaat vitamin A yang sangat baik dan menyediakan sekitar 6.185 IU (International Unit) atau 206% dari asupan harian vitamin ini.

•  Asam Folat

Daun Salam mengandung asam folat, setiap 100 gram daun Salam menyediakan sekitar 180 mg atau 45% dari asupan harian.

•  Mineral

Daun Salam sangat kaya akan mineral seperti tembaga, kalium, kalsium, magnesium, mangan, seng, besi dan selenium. Kalium adalah sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh, untuk mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Mangan dan tembaga digunakan tubuh sebagai faktor co enzim. 

Itulah beberapa manfaat terpendam Daun Salam yang disadur dari artikel ( http://manfaat.co.id/manfaat-daun-salam )


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top