Tuesday , December 12 2017
Breaking News
Pesta Rakyat Antihoax di Simalungun disambut Positif

Pesta Rakyat Antihoax di Simalungun disambut Positif

Jakarta – Pesta Rakyat Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, dengan tema “Hoax Musuh Kita Bersama” disambut positif oleh masyarakat dan dihadiri sekitar 3.000 pengunjung.

Pesta rakyat tersebut berlangsung di Hutabayuraja Minggu (8/10) dengan narasumber Anggota Komisi I DPR Martin Hutabarat dan Plt Direktur Layanan Informasi Internasional (LII) Hypolitus Layanan mewakili Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Rosalita Niken Widiastuti.

Dirjen IKP melalui Plt Dir LII Kemkominfo Hypolitus Layanan mengimbau masyarakat agar bijaksana membedakan informasi yang positif dan negatif. Jika menemukan informasi negatif yang menimbulkan kebencian dan memprovokasi agar jangan disebarkan melalui media sosial karena dampaknya merugikan masyarakat banyak.

Isu hoax tidak hanya menjadi permasalahan di Tanah Air, tetapi juga menjadi isu global. Penyelesaian terhadap maraknya hoax merupakan tanggung jawab bersama, pemerintah dan masyarakat serta seluruh pemangku kepentingan.

Menurut Dirjen IKP, pemerintah kini juga fokus pada bagian hulu isu hoax, sehingga bukan hanya pembatasan atau pemblokiran melainkan kini juga bekerja sama dengan lintas agama berupa literasi kepada masyarakat.

Masyarakat diharapkan lebih bijak dalam memanfaatkan media sosial, misalnya memastikan terlebih dahulu akurasi konten yang akan diserbarkan ke publik. Publik juga diharapkan menyebarkan konten informasi yang bersifat mendidik dan mencerahkan. Masyarakat juga disarankan membentuk satuan tugas pencegahan hoaks dilingkungannya.

Anggota Komisi I DPR Martin Hutabarat mengimbau masyarakat jangan menyebarluaskan berita bohong karena berdampak terhadap stabilitas Kamtibmas.

Selain itu berita yang yang disebarluaskan melalui media sosial agar menumbuhkan samangat nasionalisme dalam kerangka NKRI.

Sumber: Antaranews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top