Wednesday , January 24 2018
Breaking News
Rekonsiliasi Syiah Sampang Bisa Jadi Model Solusi Konflik Keagamaan

Rekonsiliasi Syiah Sampang Bisa Jadi Model Solusi Konflik Keagamaan

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden bidang Hukum dan HAM Albert Hasibuan yang selama ini menangani berbagai konflik yang dilandasi keagamaan menyebut rekonsiliasi perdamaian Syiah Sampang ini dapat dijadikan model perdamaian dan proses rekonsiliasi bagi konflik keagamaan.

“Saya nyatakan kalau benar terjadi piagam perdamaian antara pengungsi dan masyarakat lainnya, itu bisa jadi inspirasi dan model penyelesaian konflik-konflik agama dan sosial, itu semacam model pemerintah yang turut serta dalam menangani konflik itu,” kata Albert.

Diingatkan Albert, pemerintah masih diperlukan perannya untuk mendamaikan konflik keagamaan. Namun peran pemerintah juga hanyalah sebatas memasilitasi tanpa ikut campur secara langsung.

“Pemerintah posisinya tidak mencampuri, tapi memfasilitasi, apabila terjadi penyelesaian konflik itu maka dapat diadakan pembangunan dan bantuan,” ujar Albert yang pernah menjadi komisioner Komnas HAM ini. (Fidel Ali Permana)

Sember : Metro News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top