Tuesday , December 12 2017
Breaking News
Resensi Buku Ramalan Akhir Zaman Imam Ali bin Abi Thalib

Resensi Buku Ramalan Akhir Zaman Imam Ali bin Abi Thalib

 Sayyid Ali AsyurJudul Buku     : Ramalan Akhir Zaman Imam Ali bin Abi Thalib

Penulis             : Sayyid Ali ‘Asyur

Penerbit          : Zahra Publishing House

Penerjemah   : Tim Zahra

Halaman         : 668 halaman

Cetakan          : Cetakan 2. Dzulhijjah 1434 H/Juli 2013 M

Bagi orang beriman, mempercayai keluasan ilmu Allah SWT adalah niscaya. Begitu juga meyakini bahwa ilmu-ilmu-Nya telah diajarkan kepada makhluk ciptaan-Nya yang paling sempurna yakni Rasulullah saw.

Rasulullah pun kemudian mengajarkan ilmu-ilmu itu kepada Imam Ali bin Abi Thalib as. sebagaimana ditegaskan dalam sabdanya berikut: “Hai orang-orang, tiada satu ilmu kecuali Allah telah mengajarkannya kepadaku dan aku telah mengajarkannya kepada Ali. Allah telah menyebutkan semua ilmu kepadaku. Semua ilmu yang diajarkan kepadaku telah aku sampaikan kepada Imam orang-orang yang bertakwa, dan tiada suatu ilmu kecuali aku telah mengajarkannya kepada Ali. (Tafsir Nuruts-Tsaqalain 4/379, nukilan dari al-ihtijaj).

Hal itu dibenarkan Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as. dalam perkataannya: “Sesungguhnya Rasulullah saw. telah mengajariku seribu bab halal dan haram. Setiap bab membuka seribu bab, termasuk aku mengetahui kematian, wasiat dan keputusan pengadilan, dan aku mengetahui pula wanita yang menyerupai pria dan pria yang menyerupai wanita. (Al-Ikhtishash 305)

Lebih tegas lagi dalam sabdanya yang lain, Nabi mengungkapkan, “Aku adalah kota ilmu dan Ali adalah pintunya. Siapa yang menginginkan ilmu hendaklah ia melewati pintunya. Sungguh Ali as. telah mewarisi ilmu awal dan akhir, dan aku melihat dia lebih mengetahui apa yang terhimpun pada mereka semua.” (hal:26).

Masih banyak lagi riwayat yang memperjelas dan mempertegas posisi keilmuan Rasulullah saw. dan Imam Ali sebagai dua insan paling mulia di sisi Allah SWT.

Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib terkenal memiliki kecerdasan, kearifan, dan daya pikir luar biasa, hingga Rasulullah saw. menyebutnya gerbang ilmu pengetahuan. Imam Ali dikaruniai Allah limpahan ilmu dan hikmah, sehingga ia menjadi orang yang paling banyak mengetahui dan menguasai isi Alquran serta ajaran-ajaran Rsulullah saw. dengan keluasan ilmu yang dianugerahkan Allah, Imam Ali mampu meramalkan peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa datang, khususnya peristiwa-peristiwa besar yang kelak terjadi di akhir zaman.

Dengan demikian, bagi Imam Ali, bukan suatu yang mustahil mengetahui hal-hal ghaib dan peristiwa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Sebab, hal-hal tersebut bagian dari ilmu yang telah diajarkan Allah melalui Rasul-Nya kepada Imam Ali.

Apa saja peristiwa-peristiwa besar yang diramalkan Imam Ali akan terjadi di akhir zaman? Penulis menyusun ramalan tersebut, misalnya tentang kebangkitan dan kemunculan Imam Mahdi, pergolakan di berbagai negara seperti bom atom yang menghancurkan Amerika, terjadinya Revolusi Islam, peperangan besar, juga berbagai fenomena alam yang terkait dengan meteor, laut, bulan, bintang, dan planet-planet.

Buku cukup tebal ini dapat menjadi tantangan tersendiri bagi pembaca. Sibuknya urusan dunia, cukup membuat sebagian orang akan berpikir ulang untuk menyisihkan waktu membaca buku ini. Namun, bagi pengarung samudra ilmu yang haus akan pengetahuan, tentu ini bukanlah tantangan berat. Terlebih buku ini hanya sebagian kecil dari samudra ilmu Allah SWT yang diajarkan kepada hamba-Nya. (Malik/Yudhi)

2 comments

  1. Dimana saya bisa mendapatkan buku ini?…..trimaksih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top