Tuesday , October 17 2017
Breaking News
Sebab Hancurnya Bangsa

Sebab Hancurnya Bangsa

Ayatullah Murtadha Mutahhari pernah menerangkan bahwa akhlak buruk merupakan salah satu faktor penghancur sebuah bangsa dan negara. Negara mempunyai penduduk, dan penduduk atau masyarakat itu dibentuk dari personal, lalu personal itu pastinya mempunyai akhlak masing-masing. Kalau seandainya setiap dari mereka berakhlak buruk, mereka akan dengan gampang mabuk-mabukan, dengan gampangnya berzina, dengan gampangnya mencuri atau korupsi, dan dengan gampangnya mencetak majalah-majalah yang tidak mendidik. Bila hal ini terjadi maka para penduduk tidak akan ada keinginan dan hasrat untuk membangun bangsa. Dengan begitu, maka dapat dipastikan bahwa bangsa tersebut akan segera hancur dengan sendirinya.

Faktor selanjutnya adalah perpecahan. Muthahhari mengatakan bahwa, musuh-musuh sudah sampai pada tahap ketika ada seseorang yang berbicara tentang persatuan maka mereka ciptakan sebuah kelompok untuk menghancurkannya. Sebuah bangsa yang mana masyarakatnya tidak bersatu dan terpecah-belah maka ia adalah bangsa yang lemah.

Perintah agar tidak saling berpecah belah juga sudah ditekankan di dalam Al-Quran:

…وَ اعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَميعاً وَ لا تَفَرَّقُوا

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai…” Q.S Ali-Imran: 103)

Hendaklah kita senantiasa berakhlak baik, dan menghindari perpecahan agar bangsa dan negara kita tetap terjaga, dan terus melangkah ke arah yang lebih baik tentunya. (AM/Sutia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top