Tuesday , December 12 2017
Breaking News
Semarak Car Free Day, Objek Wisata Baru Pontianak

Semarak Car Free Day, Objek Wisata Baru Pontianak

Pasar kaget yang berlokasi di Gelanggang Olah Raga, Jalan Ahmad Yani Pontianak, menjadi salah satu tempat favorit warga Kota Pontianak tiap hari Minggu. Pasar non-permanen itu menarik karena variasi barang yang dijual beragam dan harganya juga tergolong miring.

Pasar dadakan di seputar GOR ini sudah mentradisi pada saat Car Free Day. Bermula dari kumpulan penjual makanan dan minuman untuk warga yang berolahraga, lalu berkembang jual-beli berbagai macam barang seperti pakaian, perlengkapan rumah tangga, elektronik, kendaraan, bahkan drone.

Mayoritas penjual di pasar ini memang berprofesi sebagai pedagang. Tak jarang juga perusahaan memanfaatkan momentum ini dengan menggelar event dan pameran setiap minggunya.

Jam operasi pasar dadakan ini dimulai pukul 05.30 sampai dengan pukul 10.00, di sepanjang pinggiran GOR sampai area Masjid Raya Mujahidin.

Tingginya minat warga Pontianak terhadap pasar kaget terlihat dari selalu padatnya pengunjung, baik yang sekadar berolahraga maupun yang memang ingin berbelanja. Bahkan sebagian mengaku sudah menjadi pengunjung setia pasar dadakan tersebut.

Ridha (35), responden yang tinggal di Tanjung Raya II, mengaku hampir setiap minggu mengunjungi pasar kaget di GOR. “Saya biasanya membeli makanan untuk anak saya, seperti kue dan minuman,” tuturnya.

Tingginya animo masyarakat ini karena di samping banyaknya jenis barang dan makanan yang dijual di pasar kaget, harga murah juga menjadi alasan mereka datang.

Faktor lain warga tertarik adalah tersedianya barang khusus untuk keperluan rumah tangga. Aneka makanan untuk sarapan pagi pun banyak tersedia. Pakaian dan aksesoris serta perlengkapan ibadah juga diperdagangkan.

Selain pasar kaget, sisi lain dari Car Free Day juga dimanfaatkan oleh berbagai macam komunitas anak-anak muda sebagai ajang atraksi dan latihan. Komunitas yang tampil di ajang ini beragam; dari komunitas sepeda, sepatu roda, akustik, perkusi, skateboard sampai komunitas pencinta reptil. Bahkan seringkali beberapa komunitas mengadakan aksi solidaritas dan donor darah.

Pemerintah Kota Pontianak pun secara proaktif menyediakan ruang-ruang interaksi warga dalam momentum ini. Car Free Day, selain tempat rekreasi dan ajang berjualan, kini sudah menjadi salah satu objek wisata tersendiri yang laik dikunjungi di Kota Pontianak. (Hakeem/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top