Friday , November 24 2017
Breaking News
Syarat Memakmurkan Masjid menurut Al-Quran

Syarat Memakmurkan Masjid menurut Al-Quran

إِنَّما يَعْمُرُ مَساجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَ الْيَوْمِ الْآخِرِ وَ أَقامَ الصَّلاةَ وَ آتَى الزَّكاةَ وَ لَمْ يَخْشَ إِلاَّ اللَّهَ فَعَسى‏ أُولئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدينَ

“Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Serta melaksanakan shalat, membayar zakat dan tidak takut (kepada apapun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS At-Taubah, ayat 18)

Bila kita perhatikan ayat di atas, kita dapati bahwa Allah swt hendak menjelaskan kepada hamba-Nya tentang siapa saja mereka yang dapat memakmurkan masjid. Ayatullah Makarim mengatakan memakmurkan masjid di sini bisa saja diartikan dengan menghidupkan masjid dan beribadah di masjid.

Dua syarat pertama adalah mereka yang beriman kepada Allah dan hari akhir atau hari kiamat. Keduanya merupakan dasar keyakinan dari agama Islam sehingga mereka yang ingin memakmurkan masjid haruslah mereka yang meyakini dua dasar ini.

Syarat selanjutnya adalah (أَقامَ الصَّلاةَ وَ آتَى الزَّكاةَ) mereka yang mendirikan shalat dan membayar zakat. Hal ini menegaskan bahwa mereka yang memakmurkan masjid, adalah orang yang memiliki keimanan dan keyakinan bukan sebatas di bibir saja namun mereka mengamalkan keyakinan mereka dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan mendirikan salat dan membayar zakat.

Mereka yang ingin memakmurkan masjid bukan hanya harus mengurus ibadah mereka dengan Allah saja namun juga harus mampu menjalin hubungan dengan mahluk-Nya yaitu dengan membayar zakat.

Sedangkan syarat terakhir yang disebutkan ayat di atas adalah mereka yang tidak takut kepada apa pun kecuali kepada Allah swt. Hati mereka penuh dengan cinta Allah dan yang ada dalam pikiran mereka adalah ketaatan dan kepatuhan kepada perintah serta larangan-Nya. Dalam hal beribadah, mereka menganggap diri mereka lebih hina dari yang lainnya. Mereka selalu merasa bahagia ketika membantu sesama mahluk-Nya.

(فَعَسى‏ أُولئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدينَ) di akhir ayat, Allah swt berfirman bahwa mudah-mudahan mereka menjadi orang yang diberi petunjuk. Sehingga Allah bisa memberikan mereka petunjuk untuk meraih tujuan mereka dan bisa memakmurkan masjid. Lalu tatkala mereka bisa memakmurkan masjid maka mereka akan mendapatkan pahala dari-Nya.

Setelah mengetahui hal ini, apabila kita ingin termasuk sebagai para pemakmur masjid maka kita harus berusaha dan mendidik diri kita agar bisa memenuhi syarat-syarat yang al-Quran sebutkan. Semoga Allah swt memberikan pertolongan kepada kita supaya bisa meraih dan memenuhi syarat-syarat ini. (MZ/Sutia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top