Tuesday , August 22 2017
Breaking News
Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

Musim kemarau panjang dengan segala dampak yang ditimbulkan seperti kekeringan dan merebaknya kebakaran hutan baru saja berlalu. Kini, musim hujan datang dan permasalahan baru pun menghadang. Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, bencana banjir sudah menjadi agenda rutin tahunan yang datang setiap musim hujan. Tanah longsor, angin puting beliung, juga mewarnai peristiwa-peristiwa musim penghujan di berbagai tempat.

Pergantian musim kemarau ke musim hujan biasanya juga berdampak bagi kesehatan. Kelembaban udara dan suhu yang berbeda dengan musim sebelumnya, menjadikan bakteri mudah berkembang-biak dan memaksa tubuh beradaptasi pada kondisi seperti ini. Jika tidak mendapat perhatian dan penanganan serius maka kemungkinan tubuh terserang penyakit akan lebih besar. Sehingga tak heran jika ruang tunggu dokter akan lebih penuh pada musim ini.

 Ada beragam penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim penghujan seperti; flu, batuk, sesak nafas, penyakit kulit hingga demam berdarah.

 Apabila penyakit tersebut menjangkiti tubuh, Anda akan menjadi tidak fit dan aktivitas pun bakal terganggu. Lantas bagaimana agar kondisi tubuh tetap fit di musim penghujan? Berikut tipsnya:

1. Tingkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun dengan rutin mengkonsumsi vitamin C. Kandungan vitamin C secara alami dapat diperoleh dari kandungan buah jeruk, strawberry, dan lain-lain.

2. Biasakan pola hidup bersih. Karena di musim penghujan, kuman dan bakteri akan berkembang lebih leluasa terutama pada lingkungan kotor, dan genangan-genangan air. Pada kondisi seperti ini juga nyamuk penyebab demam berdarah berkembang-biak.

3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh. Seringkali orang abai mengkonsumsi air putih saat musim hujan. Udara dingin menjadi alasan rasa haus jarang terjadi. Namun kenyatannya, baik musim kemarau maupun penghujan, kebutuhan cairan tubuh tetaplah sama. Pasokan air yang cukup dalam tubuh juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Jaga pola makan. Biasanya, kondisi dingin di musim penghujan membuat perut sering terasa lapar. Menuruti nafsu makan yang begitu besar pada musim ini dapat berdampak pada kegemukan atau obesitas, terlebih jika tidak ada proses pembakaran yang seimbang.

5. Perhatikan pola tidur. Udara dingin seringkali membuat suasana mengantuk. Tidur dengan kondisi berlebih akan membuat badan lemas dan otot terasa kaku. Namun, kekurangan tidur dan kebanyakan begadang di malam hari juga tidak baik tentunya. Mengatur pola tidur sangat diperlukan dalam kondisi seperti ini.

6. Olahraga secara teratur. Selain bermanfaat mencegah berbagai macam penyakit, olahraga juga meningkatkan energi dan mood. Berolahraga sangat diperlukan pada musim ini terutama karena rasa malas seringkali melanda di cuaca dingin saat musim hujan.

Semoga tips yang ABI Press sajikan bermanfaat bagi pembaca sehingga risiko terjadinya gangguan kesehatan saat musim hujan bisa diminimalisir. (Malik/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top