Wednesday , December 11 2019
Breaking News
Pendidikan: Jalan Mencapai Kesempurnaan

Pendidikan: Jalan Mencapai Kesempurnaan

Dinamika dunia yang kian mengglobal sarat beragam tantangan yang makin kompleks. Di sinilah peran pendidikan menjadi sebuah keniscayaan. Karena dengan bekal pendidikan yang cukup, seseorang dimungkinkan akan lebih mampu menghadapi semua tantangan kehidupan. Lebih dari itu, pendidikan adalah salah satu jalan manusia meraih puncak kesempurnaannya sebagai makhluk.

Tak sedikit tokoh besar dan ulama Islam sepanjang sejarah mengungkapkan pentingnya pendidikan. Dalam ajaran Islam pun bertebaran banyak perintah menuntut ilmu, baik dalam Al-Quran maupun hadis Nabi.

Senada dengan para tokoh dan ulama Islam yang lain, Ustaz Abdurrahman Baraqbah, Pembina Mahasiswa Boarding di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Madinatul Ilmu, Sawangan Depok, kepada ABI Press menyatakan bahwa dalam pandangan Islam, pendidikan menduduki posisi yang sangat penting. “Islam sendiri kan diturunkan untuk mendidik umat manusia. Agar manusia mampu mencapai puncak kesempurnaannya, menjadi insan kamil.”

Dalam pendidikan, menurutnya  seorang pelajar yang sedang menuntut ilmu mesti memiliki dua sifat utama; cinta ilmu dan niat belajar untuk memperbaiki dirinya sendiri. “Jangan belajar niatnya untuk ngajarin orang lain. Itu salah. Justru yang paling penting, belajar untuk memperbaiki diri sendiri dulu,” pesannya seraya menambahkan, “Ketika kita sudah baik, otomatis orang akan mendengar apa yang kita katakan.”

Menanggapi pendapat sekelompok orang tentang adanya pembagian antara ilmu duniawi dan ilmu ukhrawi, lebih jauh Abdurrahman berpandangan bahwa Islam juga tidak pernah membagi jenis ilmu antara ilmu sekuler dan ilmu agama. Karena para ulama Islam sendiri sejak dahulu tak pernah memisahkan ilmu menjadi ilmu dunia dan ilmu akhirat.

“Dua-duanya ya sama penting dan merupakan satu kesatuan. Keduanya adalah sarana kita meraih kesempurnaan di dunia dan akhirat. Tak bisa kalau dipisahkan,” tegas Abdurrahman. (Muhammad/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top