Tuesday , July 16 2019
Breaking News
4 Penyebab Seseorang Menolak Kebenaran

4 Penyebab Seseorang Menolak Kebenaran

Dalam Surat An-Nur Allah menceritakan tentang orang-orang munafik yang menolak kebenaran. Setelah ayat-ayat tersebut Alquran juga menyebutkan 4 perkara yang menyebabkan seseorang lari dan berpaling dari kebenaran.

Apa 4 perkara tersebut?

Allah swt berfirman,

أَفِي قُلُوبِهِم مَّرَضٌ أَمِ ٱرۡتَابُوٓاْ أَمۡ يَخَافُونَ أَن يَحِيفَ ٱللَّهُ عَلَيۡهِمۡ وَرَسُولُهُۥۚ بَلۡ أُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلظَّٰلِمُونَ

“Apakah (ketidakhadiran mereka karena) dalam hati mereka ada penyakit, atau (karena) mereka ragu-ragu ataukah (karena) takut kalau-kalau Allah dan Rasul-Nya berlaku zalim kepada mereka? Sebenarnya, mereka itulah orang-orang yang zhalim.” (QS.An-Nur:50)

Penolakan mereka terhadap kebenaran disebabkan oleh empat perkara.

Penyakit dalam hati.

Orang munafik selalu hidup dengan dua wajah. Nurani dan syahwatnya selalu berseberangan. Keinginan dan fitrah hati yang suci selalu bertentangan. Inilah kemudian yang membuat hatinya sakit sebagaimana dalam surat Al-Baqarah disebutkan :

فِي قُلُوبِهِم مَّرَضٞ فَزَادَهُمُ ٱللَّهُ مَرَضٗا

“Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya itu. (QS.Al-Baqarah:10)

Tidak percaya pada kebenaran.

Masalah kedua adalah adanya keraguan terhadap kebenaran tersebut. Lemahnya iman membuat mereka selalu terombang-ambing dalam keraguan walau bukti kebenaran itu telah jelas dihadapannya.

Takut dengan hukum Allah.

Orang-orang semacam ini tidak siap menerima hukum Allah. Bagi mereka ketentuan Allah hanya akan membawa kerugian dan mengganggu rencana-rencana mereka. Karena hukum Allah seringkali bertentangan dengan apa yang mereka inginkan di dunia.

Perbuatan zalim.

Masalah keempat ini adalah pangkal dari semua masalah sebelumnya. Kebiasaan mereka untuk berbuat dzalim menyebabkan hati mereka enggan untuk menerima kebenaran dan ketentuan Allah swt.

Hukum Allah selalu berseberangan dengan perbuatan dzalim yang sering mereka lakukan, maka karenanya orang-orang munafik tidak pernah sejalan dengan kebenaran.

Empat perkara inilah yang membuat manusia menolak kebenaran. Berhati-hatilah dengan empat masalah ini karena bila tidak segera dibuang dari kehidupan kita akan menyeret manusia untuk menolak kebenaran.

Dikutip dari buku Ustaz Muhammad bin Alwi, BSA “25 Hidangan dari Alquran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top