Tuesday , August 20 2019
Breaking News
ABI Membangun Rumah Tahan Gempa untuk Warga Lombok

ABI Membangun Rumah Tahan Gempa untuk Warga Lombok

Lombok, Minggu 7/10/18 – Istikharah adalah salah seorang wanita separuh baya yang tinggal di Dusun Lekok, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Ketika gempa berkekuatan 7,1 SR desa ini hampir rata dengan tanah, rumah-rumah roboh, dan salah satu dari rumah tersebut adalah rumah Istikharoah.

Pada masa-masa darurat itu relawan Ahlulbait Indonesia (ABI) NTB menyuplai berbagai macam kebutuhan seperti sembako, obat-obatan, selimut, pakaian layak pakai, terpal dan lainnya ke wilayah ini. Setelah fase kedaruratan itu selesai relawan ABI NTB berinisiatif membuat sebuah program pembangunan rumah tahan gempa (RTG.) Istikharah masuk dalam program ini. Program RTG diperuntukkan untuk mereka yang menjadi korban gempa dan rumahnya benar-benar luluh lantah, per satu unit RTG dialokasikan dana sebesar 15 juta.

RTG Istikharah adalah pembangunan kedua, Untuk RTG khusus Desa Binaan dialokasikn dana lebih karena selain tempat hunian, RTG Desa Binaan dikonsep sebagai rumah penampungan sementara dan tempat aktivitas sosial kemasyarakatan setempat, seperti untuk tempat mengaji, tempat musyawarah warga dan lainnya.

RTG untuk Istikharah dikerjakan oleh tim KLU yg dikoordinir oleh Sirajudin, di tim ini ada 6 relawan, Suba’i sebagai tukang ahli dibantu oleh koordinator tim yaitu Uden, Sunarjo, Suhairi, Nasrudin, Rusdi dan Hasadi. Anggota tim ini semua dari Pajarakan, kota Mataram yang jarak tempuhnya ke Gondang sekitar 40 km melewati pegunungan dan pesisir pantai.

Istikharah merasa sangat senang dan bersyukur dengan adanya program RTG ABI, sampai dengan proses pembangunan ini selesai  beliau masih tinggal di tenda pengungsian bersama ratusan warga desa lain yang sama-sama kehilangan tempat tinggalnya, mengingat musim hujan sudah mulai datang, bisa dibayangkan jika tidak ada pembangunan cepat 0leh ABI. RTG milik Istiharah berukuran 4×5 m, 1 ruang keluarga ditambah 2 kamar plus 1 kamar mandi di luar. (subhan)

The Process of Construction of Earthquake Resistant Houses by ABI NTB Volunteers

The Process of Construction of Earthquake Resistant Houses by ABI NTB Volunteers

The Process of Construction of Earthquake Resistant Houses by ABI NTB Volunteers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top