Friday , July 19 2019
Breaking News
Aksi Massa Tuntut Bebaskan Tahanan Palestina

Aksi Massa Tuntut Bebaskan Tahanan Palestina

Jakarta – Ratusan massa tergabung dalam jaringan Aqsa Working Group (AWG) menggelar aksi solidaritas Palestina di Jakarta, Kamis (18/5). Aksi dilakukan sebagai bentuk keprihatinan umat Islam di Indonesia atas kondisi ribuan tahanan Palestina di penjara-penjara Israel.

b5d7d670-3bfe-4b70-a19f-17d8ce58d1c6

Sejak pertengahan April lalu, tahanan Palestina melakukan aksi mogok makan. Aksi dilakukan sebagai bentuk protes atas perlakuan tidak manusiawi rezim Israel, serta upaya mengetuk hati masyarakat dunia agar peduli terhadap tragedi kemanusiaan ini.

Aksi dilakukan dengan berjalan kaki dari Kedutaan Palestina menuju kantor perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jakarta. Aksi solidaritas diisi dengan pengumpulan tanda tangan serta orasi.

40ffa491-6281-4896-a0e7-f6966f88845f

Aksi ini merupakan upaya lanjutan yang ditempuh AWG dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina. Tiga hari sebelumnya, AWG dan Kedutaan Besar Palestina di Jakarta bersama memperingati Nakba. Nakba adalah peristiwa pengusiran besar-besaran terhadap rakyat Palestina dari tanah kelahirannya. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 15 Mei 1948, ketika Israel baru saja mendeklarasikan negara. Pada peringatan nakba kemarin, AWG mengisi kegiatan dengan diskusi, pemutaran film, serta aksi minum air garam sebagai bentuk solidaritas untuk tahanan mogok makan Palestina di penjara Israel yang sampai hari ini masih berlanjut.

AWG berharap melalui aksi solidaritas seperti ini dapat membuktikan bahwa umat Islam Indonesia tidak abai terhadap situasi dan kondisi Palestina saat ini.

(Amar/Malik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top