Saturday , August 17 2019
Breaking News
Alquran Sebagai Mukjizat Nabi Muhammad Saw Abadi Hingga Akhir Masa

Alquran Sebagai Mukjizat Nabi Muhammad Saw Abadi Hingga Akhir Masa

Pembahasan sebelumnya Sikap Umat Terdahulu Terhadap Para Nabi

Alquran merupakan satu-satunya kitab samawi yang dengan jelas dan tegas menyatakan bahwa tidak seorang pun yang mampu mendatangkan kitab sepertinya, meskipun seluruh manusia dan jin berkumpul untuk melakukan hal itu.[Lihat QS. al-Isra: 88] Bahkan, mereka tidak akan mampu sekalipun untuk menyusun, misalnya, sepuluh surah saja,[Lihat QS. al-Hud: 13] atau malah satu surah pendek sekalipun yang hanya mencakup satu baris saja.[Lihat QS. Yunus: 38]

Oleh karena itu, Alquran menantang seluruh umat manusia untuk melakukan hal itu. Banyak sekali ayat Alquran yang menekankan hal tersebut. Sesungguhnya, ketidakmampuan mereka untuk mendatangkan hal yang sama dan memenuhi tantangan tersebut merupakan bukti atas kebenaran kitab suci itu dan risalah Nabi Muhammad Saw dari Allah Swt. [QS. al-Baqarah; 23-24]

Dengan demikian, tidak diragukan lagi bahwa Alquran telah membuktikan pengakuannya sebagai mukjizat. Sebagaimana Rasul Saw, pembawa kitab ini telah menyampaikannya kepada umat manusia sebagai mukjizat yang abadi dan bukti yang kuat atas kenabiannya hingga akhir masa.

Hari ini setelah 14 abad berlalu bahana suara Ilahi itu masih terus menggema di tengah umat manusia melalui media-media informasi dan sarana-sarana komunikasi, baik dari kawan maupun lawan. Itu semua merupakan hujah atas mereka.

Dari sisi lain, Nabi Muhammmad saw sejak hari pertama dakwahnya senantiasa menghadapi musuh-musuh Islam dan para pendengki yang sangat keras. Mereka telah mengerahkan seluruh tenaga dan kekuatan untuk memerangi agama Tuhan ini. Setelah putus asa lantaran ancaman dan tipu-daya mereka tidak berpengaruh sama sekali, mereka berusaha melakukan pembunuhan dan pengkhianatan. Akan tetapi, usaha jahat itu pun mengalami kegagalan berkat pertolongan Allah Swt dengan cara menghijrahkan Nabi saw ke Madinah secara rahasia pada malam hari.

Setelah hijrah, Rasul Saw menghabiskan sisa-sisa umurnya yang mulia dengan melakukan berbagai peperangan melawan kaum musyrik dan antek-antek mereka dari kaum Yahudi. Dan semenjak wafatnya hingga hari ini, orang-orang munafik dari dalam dan musuh-musuh Islam dari luar senantiasa berusaha memadamkan cahaya Tuhan ini. Mereka telah mengerahkan segenap kekuatan dalam rangka ini. Seandainya mereka mampu menciptakan sebuah kitab sepadan Alquran, pasti mereka akan melakukannya, tanpa ragu sedikit pun.

Di zaman modern sekarang ini, dimana kekuatan adidaya dunia melihat bahwa Islam adalah musuh terbesar yang sanggup mengancam kekuasaan arogan mereka. Maka itu, mereka senantiasa berusaha memerangi Islam dengan segala kekuatan dan sarana yang mereka miliki berupa materi, strategi, politik dan informasi. Seandainya mereka mampu menjawab tantangan Alquran dan sanggup menulis satu baris saja yang menandingi satu surah pendek saja darinya, pasti mereka sudah melakukannya dan menyebarkannya melalui media informasi dunia. Karena memang cara semacam itu (menyebarkan informasi ke seluruh dunia) merupakan usaha yang paling mudah dan paling efektif dalam menghadapi Islam dan menahan penyebarannya.

Atas dasar uraian di atas,setiap manusia berakal yang mempunyai kesadaran yang cukup merasa yakin setelah memperhatikan hal-hal tersebut-bahwa Alquran merupakan kitab samawi yang istimewa, yang tidak mungkin ditiru atau dipalsukan, dan tidak mungkin pula bagi setiap individu atau kelompok mana pun untuk mendatangkan kitab yang sepadan dengannya, sekalipun mereka mengerahkan seluruh kekuatan dan telah menjalani pendidikan dan pelatihan demi hal itu.

Artinya, kitab suci itu memiliki ciri-ciri kemukjizatan, yaitu luar biasa, tak bisa ditiru dan dipalsukan, dan diturunkan sebagai bukti atas kebenaran kenabian (seseorang). Tampak jelas bahwa Alquran merupakan bukti yang paling akurat dan kuat atas kebenaran klaim Muhammad Saw sebagai nabi Allah. Dan agama Islam yang suci adalah hak dan karunia Tuhan yang paling besar bagi umat Islam. Alquran diturunkan sebagai mukjizat abadi hingga akhir masa, kandungannya merupakan bukti atas kebenarannya. Sebegitu sederhananya argumentasi ini hingga dapat dipahami oleh setiap orang dan dapat diterima tanpa mempelajarinya secara khusus.

Dikutip dari buku karya Ayatullah Taqi Misbah Yazdi, Merancang Piramida Keyakinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top