Sunday , December 8 2019
Breaking News
ASEAN Bersama Merah Putih Berkibar di Rumania

ASEAN Bersama Merah Putih Berkibar di Rumania

Bertepatan dengan hari jadi Association of South East Asian Nations (ASEAN) yang ke-44, Senin, bendera ASEAN secara resmi berkibar berdampingan dengan merah putih di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bucharest, Romania.

Acara pengibaran bendera ASEAN di KBRI Bucharest berlangsung istimewa karena dihadiri oleh Kepala Perwakilan negara-negara ASEAN di Bucharest, ujar Counsellor Fungsi Pensosbud – KBRI Bucharest, Hadi Sufri Yunus kepada Antara London, Selasa.

Dikatakannya dalam acara pengibaran bendera ASEAN itu juga hadir Kepala Perwakilan dan anggota korps diplomatik negara-negara sahabat, instansi

pemerintahan Romania, media massa, serta menghadirkan Direktur Jenderal Departemen Globalisasi Kementerian Luar Negeri Romania, Duta Besar Vasile Sofineti, sebagai tamu kehormatan.

Duta Besar RI untuk Bucharest Marianna Sutadi dalam kata sambutannya mengatakan pengibaran bendera ASEAN tersebut menjadi salah satu catatan tersendiri dalam sejarah ASEAN.

Pengibaran bendera menunjukkan kapasitas ASEAN untuk terus memperbarui diri dengan semangat One Vision, One Identity, and One Caring and Sharing Community, ujar Marianna Sutadi.

Indonesia di tahun 2011 ini tengah menjabat sebagai Ketua ASEAN. Hal ini pula yang mendasari seluruh perwakilan negara ASEAN di Bucharest mendaulat Indonesia bertindak sebagai tuan rumah pengibaran bendera ASEAN.

Dubes Vasile Sofineti mewakili pemerintah Romania menyampaikan pengakuannya atas sentralitas ASEAN dalam evolusi arsitektur di kawasan Asia Timur. Secara khusus, Dubes Vasile Sofineti menyampaikan penghargaannya atas keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2011 ini.

Sesuai mandat dalam pertemuan Komite Perwakilan Tetap ASEAN, bendera ASEAN akan dikibarkan berdampingan dengan bendera nasional masing-masing negara anggota ASEAN paling lambat tahun 2012, termasuk di perwakilan-perwakilan negara ASEAN di luar negeri. (ANTARA News)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top