Tuesday , July 7 2020
Breaking News
Belum Tuntasnya Kasus KPK-POLRI

Belum Tuntasnya Kasus KPK-POLRI

ABI Press_Istana NegaraPutusan pra-peradilan yang menetapkan status tersangka BG tidak sah, menuai aksi pro dan kontra. Terutama masyarakat di sekitar Jakarta. Senin siang (16/2), di depan gedung Istana Negara sudah dipenuhi massa. Mereka mendukung BG, dan menuntut presiden Jokowi segera melantiknya menjadi Kapolri. Mereka datang dari berbagai kalangan, organisasi, dan mengusung slogan yang sama, “Dukung Jokowi lantik Budi Gunawan (BG) jadi Kapolri.”

Pada hari yang sama, menjelang sore hari gedung KPK juga dipenuhi pendukungnya. Mereka datang dengan berbagai aksi dan pertunjukan. Ada penampilan atraksi kuda lumping. Ada juga yang memakai sapu lidi sebagai simbol slogan yang diusungnya, “Sapu Koruptor(Satu Padu Lawan Koruptor)”

Sementara itu, M Isnur dari LBH Jakarta turut mendukung KPK menyampaikan beberapa tuntutan terkait konflik antar lembaga ini. Pertama, menghentikan seluruh proses kriminalisasi KPK, Staff KPK dan penggiat anti korupsi. Kedua, membatalkan Budi Gunawan sebagai Kapolri. Ketiga, membatalkan Budi Waseso sebagai calon Kapolri, pemilihan Kapolri harus melalui KPK, PPATK dan publik.

Hingga berita ini ditulis, belum ada ketegasan dari presiden Jokowi, apakah Budi Gunawan akan dilantik dan bagaimana nasib KPK selanjutnya. (Malik/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top