Wednesday , October 16 2019
Breaking News
Aksi Aktivis Sulawesi Tengah Galang Dana untuk Gaza

Aksi Aktivis Sulawesi Tengah Galang Dana untuk Gaza

Aksi peduli Palestina dilakukan puluhan orang dari aktivis PII, HMI MPO, IJABI dan ABI Sulteng di depan Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Jalan Sam Ratulangi, Palu. Mereka mengutuk agresi Israel ke Gaza.

Serangan Israel yang membabi buta ke Jalur Gaza, Palestina mengundang simpati masyarakat di Indonesia.

Di Palu, Sulawesi Tengah, aksi penggalangan dana untuk masyarakat Palestina telah berlangsung sejak Jumat (4/7/2014).

Pantauan Minggu (13/7/2014) sore, setidaknya ada lima titik lokasi aksi peduli Palestina di Palu.  Semuanya bergerak sporadis.
Salah satunya, Komunitas Seni Sendawa, melakukan penggalangan dana di perhentian lampu merah Jalan Sisingamangaraja.

“Kami sangat prihatin dengan kondisi Gaza saat ini. Semakin hari makin banyak jatuh korban jiwa akibat serangan Israel,” ungkap koordinator aksi, Nurmin Katili.

Sambil mengibarkan bendera Palestina, mereka mengumpulkan donasi dari pengendara.
“Mudah-mudahan donasi ini bermanfaat dan dapat membantu saudara-saudara kita di Palestina,” ungkap Dedi, pemuda lainnya.

Pada saat yang sama juga berlangsung aksi mahasiswa di bundaran Jalan Sultan Hasanuddin. Tampak puluhan aktivis Hizbut Tahrir Indonesia di depan Taman Gor Jalan  Muhammad Hatta dan para pemuda di Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga.
Sementara di depan Kantor Gubernur dan DPRD Sulawesi Tengah di Jalan Sam Ratulangi, puluhan aktivis Muslim meneriakkan kecaman terhadap agresi Israel dan mengetuk kepedulian pengendara terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza. Aksi di jalan raya ini dilakukan aktivis Pelajar Islam Indonesia, Himpunan Mahasiswa Islam, Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia dan Ahlul Bait Indonesia Sulawesi Tengah.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah Ahlulbait Indonesia Sulawesi Tengah Dr. Surahman Cinu mengimbau seluruh warga Sulawesi Tengah turut mendukung kerja-kerja kemanusiaan di Jalur Gaza. Yang dibutuhkan saat ini adalah fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Indonesia yang ada di Palestina. Ketersediaan fasilitas kesehatan bisa membantu pengobatan warga Palestina yang menjadi korban agresi Israel.

Untuk aksi penggalangan dana secara nasional, masyarakat dapat memberikan donasinya melalui “Gerakan Rp. 50 Ribu” untuk pengadaan fasilitas dan alat kesehatan RS Indonesia di Gaza. Sumbangan dapat disalurkan melalui BCA 6860153678 atau BSM 7001352061 atas nama Medical Emergency Rescue Committee (MER-C). (Indar/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top