Monday , November 18 2019
Breaking News
Bakti Sosial: Berkhidmat Kepada Masyarakat Kokohkan Persatuan Umat

Bakti Sosial: Berkhidmat Kepada Masyarakat Kokohkan Persatuan Umat

khitan masal“Kami yang kurang mampu sangat terbantu dengan khitanan massal ini. Dua anak saya saja saya ikutkan dalam khitanan kali ini,” aku Muhsin Abdillah.

Bapak dari dua anak ini adalah salah satu dari ratusan masyarakat kurang mampu lain yang secara langsung telah merasakan manfaat program bakti sosial Khitanan Massal DPW Ahlulbait Indonesia Kalimantan Timur tahun ini.

“Tahun ini acara sudah dilaksanakan di dua tempat. Di Samarinda, tanggal 22 Desember 2013 dengan peserta 70 anak. Di Tenggarong pada tanggal 25 Desember 2013 dengan jumlah peserta 92 anak. Dan insya Allah pada tanggal 29 Desember nanti rencananya akan diadakan di Balikpapan dengan jumlah peserta yang sementara ini sudah mendaftar mencapai 200-an anak.” Demikian Tim Medis DPW Ahlulbait Indonesia Kaltim, Muhammad Saleng menyampaikan.

Sementara Habib Lukman Bilfaqih, Ketua DPW Ahlulbait Indonesia Kaltim menegaskan, “Begitulah. Program Sosial yang ditujukan bagi masyarakat kurang mampu ini memang sudah menjadi program rutin kami sejak lama.”

Adapun khitanan massal, menurut Habib Lukman juga merupakan bagian program bakti sosial yang pelaksanaannya ditargetkan minimal dua kali dalam setahun bekerjasama dengan pihak pemerintah, ormas, ulama dan tokoh masyarakat setempat.

Lebih lanjut, Habib Lukman juga menjelaskan bahwa selain bakti sosial berupa khitanan massal, DPW Ahlulbait Indonesia Kaltim juga rutin melakukan program sosial lain seperti donor darah, pembagian sembako tiap Jumat sore, program bersih-bersih masjid tiap dua minggu sekali dan lain-lain.

Semua program bakti sosial itu sangat dipandang positif oleh masyarakat dan tokoh setempat. Ketua MUI yang membidangi Komisi Dakwah, Ukhuwah Islamiyah dan Pembinaan Umat Islam Kota Balikpapan, Drs. H. Muhammad Idris S. adalah salah seorang tokoh ulama yang menunjukkan dukungannya terhadap program sosial DPW Ahlulbait Kaltim ini.

H. Idris bahkan menceritakan hubungan harmonis MUI Balikpapan dengan DPW Ahlulbait Indonesia Kaltim. Terbukti bahwa dalam tiap kegiatan sosial, kedua belah pihak selalu bekerjasama. Termasuk saat dulu bahu-membahu menutup tempat prostitusi di KM. 17 Balikpapan.

Kondisi harmonis ini pun diamini Habib Lukman sembari menegaskan bahwa DPW Ahlulbait Indonesia Kaltim memang berkomitmen untuk terus berbakti kepada masyarakat.

“Kami ingin mengenalkan kepada masyarakat luas tentang kegiatan kita membantu fakir miskin yang tidak mampu. Karena itu kami juga berharap agar komunitas Ahlulbait di daerah-daerah lain juga berkhidmat dengan tulus kepada masyarakat. Karena hanya dengan itu jalinan ukhuwah akan terjaga dan tetap kokoh,” tegas Habib Lukman menganjurkan. (M.Ngaenan/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top