Monday , November 18 2019
Breaking News
Muncul Ormas Baru Islam, Ahlulbait Indonesia

Muncul Ormas Baru Islam, Ahlulbait Indonesia

“Menghargai perbedaan dengan semangat kebhinekaan.”

Setelah kemunculan organisasi masa (ormas) Nasional Demokrat (Nasdem) beberapa waktu lalu menarik perhatian publik, muncul lagi ormas Islam bernama Ahlulbait Indonesia. Ormas itu dideklarasikan di Gedung Balai Prajurit Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan.

“Bersih dari tindakan anarkis dan terbebas dari teorisme dengan ukhuwah Islamiyah serta menghargai perbedaan dengan semangat kebhinekaanya.” kata Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Ahlulbait Indonesia, Ahmad Hidayat.

Ormas ini menurut Ahmad Hidayat, sama halnya dengan Nahdatul Ulama ataupun Muhammadiyah. “Ya ini sama dengan Nahdatul Ulama dan Muhammadyah, kecuali Ahmadiyah tolong bedakan.”

Ketua Dewan Syura Ahlulbait Indonesia, Umar Shahab, menjelaskan bahwa ormas Islam ini lahir dari kehendak kuat untuk memperteguh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang mencerminkan nilai-nilai Ilahi seperti ajaran Rasulullah serta Ahlulbait sucinya.

“Lahir dari kecintaan dan ikatan yang telah mengakar itulah sejak lama masyakarakat Indonesia mengharapkan hadirnya sebuah organisasi kemasyarakatan yang mencerminkan nilai-nilai Ilahi yang diajarkan Rasulullah dan Ahlulbait sucinya di negeri tercinta ini,”  kata Umar.

Kehadiran ormas bernama Ahlilbait Indonesia ini diharapkan mampu mengemban fungsi perdamaian yang dirindukan masyarakat. Menurutnya, ormas ini akan berperan aktif bersama dengan organisasi kemasyarakatan Islam lainnya untuk memelihara persatuan dan kesatuan bangsa karena persatuan dan kesatuan bangsa tak mungkin terwujud tanpa persatuan umat Islam.

Ahlulbait Indonesia percaya kebhinekaan Indonesia mengandung pesan kemanusiaan. Karena Islam mengajarkan bahwa perbedaan apapun yang muncul mengandung anugerah dan manifestasi dari Kemahasempurnaan dan Kemahakayaan Ilahi. Perbedaan adalah  pelajaran berharga yang dinilai dapat meningkatkan rasa solidaritas kemanusiaan dan kecintaan terhadap Allah SWT.

Maka, dalam deklarasinya, Ahlulbait Indonesia menegaskan dirinya sebagai ormas yang menjadi garda depan dalam menegakkan nilai-nilai akhlakul karimah. “Karena bagaimanapun, nilai-nilai akhlakul karimah adalah syarat mutlak bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Ketua Umum DPP Ahlulbait Indonesia, Hassan Alaydrus. • VIVAnews, Muhammad Hasits, Nila Chrisna Yulika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top