Friday , September 20 2019
Breaking News
Syiah-Sunni Harmonis di Jambi

Syiah-Sunni Harmonis di Jambi

Syiah-Sunni Harmonis di Jambi

Syiah-Sunni Harmonis di Jambi

Di Jambi, Muslim Sunni hidup rukun berdampingan dengan Muslim Syiah. Meski menjadi minoritas di kampung halamannya, warga Muslim Syiah Jambi mengaku merasa aman dalam kebersamaan dengan saudara-saudara Muslim Sunni mereka di sana.

Hal ini dibenarkan oleh Jufriadi (38), seorang Muslim Syiah Jambi yang tinggal di Kecamatan Kotabaru saat diwawancarai via telepon. “Mereka malah selalu terdepan membela dan meluruskan fitnah tentang Syiah yang dituduhkan kepada kami.”

Jufriadi, meski seorang Syiah, menimba ilmu di Majelis Ta’lim dan Rawatib Al-Habib Husin bin Ahmad Baraqbah yang berada di Kelurahan Thehok Jambi Selatan. Majelis ini didirikan untuk menghormati Al-Habib Husin bin Ahmad Baraqbah, seorang ulama besar yang pertama mengajarkan agama Islam di daerah Sumatera tahun 1173 H.

Kegiatan rutin Majelis ini tak hanya mengadakan kajian rutin kitab-kitab klasik Salafiyah namun juga melakukan safari dakwah Salafiyah tiap bulan Ramadhan dan terutama pada bulan Maulid untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang figur dan keteladanan Nabi Muhammad Saw.

Pemimpin Majelis, Ustad Fuad Baraqbah, dalam wawancara via telepon juga membenarkan bahwa meski Majelis ini bisa dianggap sebagai Majelis Sunni, tetapi tetap terbuka menerima siapa pun. Ia menyebutkan Sunni dan Syiah sama-sama Muslim yang mengikuti Nabi Muhammad. Malah menurutnya, di tengah banyaknya Muslimin yang abai terhadap kedudukan Ahlulbait Nabi, Muslimin Syiah terbukti konsisten mencintai dan meneladani Ahlulbait Nabi.

“Banyak Muslim Ahlusunnah yang sekarang cenderung abai akan nilai penting Ahlulbait sebagai keluarga yang paling dekat dengan Nabi, dan tentu yang paling mengetahui ajaran Nabi. Padahal sebagai pengikut Nabi, mestinya Ahlusunnah tidak kalah dari Syiah dalam mencintai dan meneladani Ahlulbait,” pungkasnya. (Muhammad/Yudhi)

2 comments

  1. Salam warohmah,
    Mohon bantuannya untuk memberikan informasi nomor telp komunitas syiah ahl bayt yang ada di kota jambi karena saya insya Allah mau bergabung dalam komunitas ini… terimakasih

    wassalam warohmah

  2. Al-hamdulillah kami sangat senang mendengar kerukunan yg terjadi antara sunni syiah. Memang seharusnya seperti itu. Ada 3 hal yang dijadikan alasan mengapa sunni syiah harus bersatu dalam bingaki Iman kepada Allah. Pertama Tuhan bagi sunni dia juga Tuhan yang disembah Syiah yakni Allah swt. Kedua Sama-sama mengakui Nabi Muhammad sebagai Rasul uitusan Allah. Ketiga Qur’an sebagai kitab suci orng sunni dan syiah sama tidak ada perbedaan. Nanti masalah politik kekuasaan akan menemui banyak perbedaan. Terkhusus maslah khalifah disini harus diakui ada perbedaan. Ini sudah masuk wilayah politik kekuasaan.

    Setuju sunni syiah bisa hidup rukun saling berdampingan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top