Monday , December 9 2019
Breaking News
Majelis PBB Sahkan Resolusi Usulan Presiden Iran Untuk Menentang Kekerasan dan Ekstrimisme

Majelis PBB Sahkan Resolusi Usulan Presiden Iran Untuk Menentang Kekerasan dan Ekstrimisme

Hassan RouhaniMajelis Umum PBB akhirnya mensahkan resolusi usulan Presiden Iran Hassan Rohani untuk Dunia Menentang Kekerasan dan Ekstremisme (WAVE).

Anggota Majelis Umum PBB pada hari Rabu (18/12) dengan suara bulat, menyetujui WAVE, yang menyerukan semua negara di dunia untuk mengecam kekerasan dan ekstremisme. Demikian dikutip IRNA.

Berdasarkan resolusi itu, PBB akan mendesak semua negara anggota untuk bersatu melawan kekerasan dan ekstremisme dalam segala bentuk dan manifestasinya serta kekerasan sektarian.

Resolusi itu diharapkan akan mendorong para pemimpin dunia untuk membahas penyebab ekstremisme dan diskriminasi serta mengembangkan strategi untuk mengatasinya.

Dokumen itu juga akan merekomendasikan promosi keterlibatan masyarakat dalam melawan ekstremisme dan kekerasan, termasuk dengan memperkuat hubungan antara masyarakat dan menekankan kepentingan bersama.

Pada tanggal 24 September, Presiden Iran menyerukan Dunia Menentang Kekerasan dan Ekstremisme dalam pidatonya pada sidang ke-68 Majelis Umum PBB di New York.

“Kita harus mampu membuka cakrawala baru, di mana perdamaian akan menang atas perang, toleransi atas kekerasan, kemajuan atas pertumpahan darah, keadilan atas diskriminasi, kesejahteraan atas kemiskinan dan kebebasan atas despotisme,” kata Rohani.

Pada pertengahan Desember, Duta Besar Iran untuk PBB Mohammad Khazaei mengatakan badan dunia itu akhirnya memasukkan proposal Rohani dalam agenda kerjanya.

Pada hari Rabu, sejumlah duta besar dan perwakilan dari negara-negara anggota PBB menyampaikan pidato untuk mendukung proposal Iran dan menyeru persetujuan sebagai cara praktis untuk menghadapi kekerasan dan ekstremisme di dunia.

Wakil Tetap Filipina di PBB mengatakan usulan tersebut bisa memainkan peran penting dan efektif dalam pembentukan perdamaian dan keamanan dunia.

Perwakilan Amerika Serikat menyambut proposal Rohani dan mengatakan pemerintah baru Iran bergerak maju dengan moderasi dan ketenangan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Perwakilan Uni Eropa juga menghargai usulan Presiden Iran untuk memerangi radikalisme di dunia. Eropa menganggap usulan itu sebagai isu penting untuk memerangi radikalisme dan kekerasan serta menciptakan perdamaian dan keamanan di dunia. (IRIB Indonesia/RM/PH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top