Tuesday , September 17 2019
Breaking News
Cara Museum Sumpah Pemuda Wariskan Semangat Nasionalisme Bagi Generasi Muda

Cara Museum Sumpah Pemuda Wariskan Semangat Nasionalisme Bagi Generasi Muda

Sumpah Pemuda 28 OktoberMuseum Sumpah Pemuda Jakarta di Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Selasa, 28 Oktober 2014 ramai dipadati pengunjung. 

Bertepatan dengan hari para pemuda Indonesia menyatukan suara demi membela bangsa ini, selain menggratiskan biaya masuk, Museum Sumpah Pemuda juga mengadakan Pameran Mr. Mohammad Roem.

Susilowati Tri Handayani, preparator Pameran Mr. Mohammad Roem menyatakan pameran ini akan berlangsung hingga 11 November 2014. Khusus untuk tanggal 28 Oktober, pameran berlangsung dari pukul 07.00 WIB – 22.00 WIB. Di hari selanjutnya hanya sampai pukul 16.00 WIB.

Penyelenggaraan pameran Mr. Mohammad Roem bertujuan agar masyarakat mengenal lebih dekat sosok salah satu tokoh pemuda kelahiran Temanggung, Jawa Tengah, pengusung persatuan para pemuda ini.

“Pameran ini kita selenggarakan supaya masyarakat, terutama generasi muda tidak lupa sejarah,” ujar Susilowati. “Khususnya agar generasi muda merasakan dan mewarisi semangat perjuangan para pejuang kita di masa lalu.”

Pesan dan semangat Sumpah Pemuda ini ditangkap oleh Florentina Alvira, bersama dua temannya yang juga berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda. Florentina mengaku ia datang ke Museum bersama teman-temannya memang untuk tetap mengingat sejarah pemuda bangsa.

“Kita ke sini karena kita cinta tanah air, lah,” ujar Florentina yang selain ingin mengenang sejarah juga mengaku khawatir dengan maraknya kelompok radikal yang mengancam persatuan bangsa.“Pemuda-pemuda dulu kan bersatu menjaga kebhinekaan. Jangan sampai ada kelompok ekstrem mengoyak kebhinekaan kita, ya. Makanya harus dijaga.”(Muhammad/Yudhi)

Kenalkan Nilai Persatuan Sumpah Pemuda Sejak Dini

One comment

  1. Salah satu cara mengenal sejarah adalah dengan mengunjungi museum. Mengajak anak-anak kita mengenal sejarah sejak dini sangat bagus karena anak mengerti perjuangan pemuda Indonesia dalam menjaga kebhinekaan, sehingga dikala mereka besar nanti, mereka juga mampu dan memliki rasa cinta terhadap tanah air kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top