Thursday , May 28 2020
Breaking News
Cara Ujung Kuku Rumah Kreatif Kembangkan Kreativitas dan Nasionalisme Pada Anak

Cara Ujung Kuku Rumah Kreatif Kembangkan Kreativitas dan Nasionalisme Pada Anak

“Merdeka dalam Karya”. Itulah tema acara yang digelar Ujung Kuku Rumah Kreatif Banjarnegara untuk mengembangkan kreativitas anak-anak usia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), dan tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Banjarnegara dalam bentuk lomba mewarnai dan menggambar.

Acara yang berlangsung Sabtu (27/8), di lapangan basket Pemda Banjarnegara itu sengaja dihelat dalam rangka Anniversari Ujung Kuku Rumah Kreatif yang memang konsen mengembangkan kreativitas anak-anak khususnya dalam bidang seni dan budaya.

Karena bertepatan dengan bulan perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia maka lomba menggambar dan mewarnai tersebut sengaja mengusung tema perjuangan, kemerdekaan dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan. Hal itu sebagaimana yang disampaikan oleh Sendy Noviko selaku pembina dan pengurus Ujung Kuku Rumah Kreatif.

“Lomba mewarnai dan menggambar ini mengusung tema perjuangan supaya anak-anak bisa memaknai nilai-nilai perjuangan untuk mereka,” ungkapnya.

Kata Sendy, karena lomba itu sengaja digelar untuk mengembangkan kreativitas anak maka tiap peserta diberikan kebebasan untuk menggambar apa saja asalkan sesuai dengan tema perjuangan kemerdekaan dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan, sehingga diharapkan hal ini bisa mengembangkan imajinasi masing-masing peserta.

Di sisi lain, berbarengan dengan tumbuhnya kreativitas pada anak, melalui kegiatan ini juga diharapkan tumbuhnya kecintaan kepada Tanah Air Indonesia, sehingga nantinya calon generasi penerus bangsa ini tidak terjerumus ke dalam hal-hal dan kegiatan-kegiatan negatif yang bersifat destruktif.

“Kita mencoba memberikan ruang kreatif kepada anak-anak kita untuk berkarya, apapun karyanya dan dalam bentuk apapun karya itu. Sehingga generasi muda tidak terjerumus ke hal-hal atau kegiatan-kegiatan negatif,” pungkas Sendy. (Faisal A/Yudhi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top