Sunday , May 31 2020
Breaking News
Chomsky: Tanpa Otorisasi PBB, Serangan ke Suriah Akan Menjadi Kejahatan Perang

Chomsky: Tanpa Otorisasi PBB, Serangan ke Suriah Akan Menjadi Kejahatan Perang

Sebuah agresi  pimpinan AS terhadap Suriah tanpa dukungan PBB akan menjadi kejahatan perang. Demikian kata Noam Chomsky, aktivis antiperang dan penulis AS, mereaksi pengumuman Presiden Barack Obama bahwa ia akan meminta persetujuan Kongres untuk menyerang Suriah.

“Ketika dukungan internasional terkait keputusan Obama untuk menyerang Suriah gagal juga kredibilitas klaim-klaim pemerintah, Washington merujuk kembali pada alasan standar kejahatan perang ketika semuanya gagal” kata Chomsky dalam emailnya kepada Huffington Post (2/9).

Chomsky baru saja berkunjung ke kawasan untuk mempelajari lebih lanjut tentang krisis Suriah, dan pernyataannya di sana membuat sejumlah pihak percaya bahwa ia mendukung intervensi militer jika perundingan gagal menghasilkan perdamaian. “Saya percaya, pertama Anda harus memilih jalur negosiasi, dan jika gagal, Anda kemudian beralih ke opsi kedua”mendukung pemberontak”menjadi lebih dapat diterima,” katanya.

Tapi pernyataan terbarunya kepada Huffington Post menunjukkan bahwa ia tetap menentang setiap aksi militer tanpa persetujuan PBB.

“Agresi tanpa otorisasi PBB akan menjadi kejahatan perang yang sangat serius. Ini cukup jelas,” tambahnya.(IRIB /MZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top