Wednesday , April 8 2020
Breaking News
Sikap Ormas ABI Terkait Demokrasi dan Kontestasi Politik di Indonesia

Sikap Ormas ABI Terkait Demokrasi dan Kontestasi Politik di Indonesia

Demokrasi menjadi napas baru bagi Indonesia pasca-Reformasi. Kualitas demokrasi di Indonesia salah satunya diukur dengan kualitas kontestasi politik berupa Pemilu.

Partisipasi aktif dan keterlibatan masyarakat dan warga negara dalam menyampaikan aspirasi politik melalui mekanisme Pemilu dalam semua jenjang, diharapkan dapat mewujudkan kontestasi politik yang berkualitas agar menghasilkan pemimpin, pejabat negara, dan wakil rakyat yang kompeten dan berintegritas.

  • ABI mendukung pelaksanaan Pemilu jujur dan transparan yang diselenggarakan secara independen dan konstitusional.
  • ABI menolak segala bentuk money politics, penggunaan isu SARA, ujaran kebenacian dan diskriminasi dalam proses Pemilu demi melahirkan wakil rakyat dan pemimpin yang kredibel.
  • ABI mendukung upaya penyempurnaan Undang-Undang Pemilu don Kepartaian yang membuat sistem kepartaian memihiki ikatan ideologis dan mengakar dengan konstituennya, memberikan laesempatan lebih luas dan proporsional kepada rakyat untuk memilih para kandidat yang kompeten dan berintegritas sebagai pemimpin, pejabat negara dan wakil rakyat sesuai spirit sila ke-4 Pancasila.
  • ABI tidak terlibat dalam politik praktis dan memberikan kebebasan kepada para anggotanya untuk menggunakan hak politiknya sebagai warga negara sesuai dengan pilihan politik personal masing-masing.

Manifesto ABI, Bab Paradigma, hal 26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top