Wednesday , February 19 2020
Breaking News
Dosa Orang-orang Berilmu

Dosa Orang-orang Berilmu

Allah Swt berfirman:

وَإِنَّ مِنْهُمْ لَفَرِيقًا يَلْوُونَ أَلْسِنَتَهُمْ بِالْكِتَابِ لِتَحْسَبُوهُ مِنَ الْكِتَابِ وَمَا هُوَ مِنَ الْكِتَابِ وَيَقُولُونَ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ وَمَا هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ وَيَقُولُونَ عَلَى اللَّهِ الْكَذِبَ وَهُمْ يَعْلَمُونَ

Sesungguhnya di antara mereka ada segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Al Kitab, supaya kamu menyangka yang dibacanya itu sebagian dari Al Kitab, padahal ia bukan dari Al Kitab dan mereka mengatakan: “Ia (yang dibaca itu datang) dari sisi Allah”, padahal ia bukan dari sisi Allah. Mereka berkata dusta terhadap Allah sedang mereka mengetahui. (QS. Ali Imran: 78)

Dosa orang berilmu yang tidak bertakwa berkali lipat, karena:

  1. Menyeret masyarakat kepada kesalahan. Ini dapat disimpulkan dari penggalan ayat, agar kamu menyangka (yang mereka baca) itu sebagian dari Kitab.
  2. Mereka berbohong kepada Allah Swt. Ini dapat disimpulkan dari penggalan ayat, dan mereka berkata, “Itu dari Allah,” padahal itu bukan dari Allah.
  3. Tindakan mereka dilakukan atas dasar kesadaran. Ini dapat disimpulkan dari penggalan ayat, padahal mereka mengetahui.”

Ayatullah Muhsin Qiraati, Poin-poin Al-Quran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top