Saturday , November 16 2019
Breaking News
DPP ABI Buka Posko Bantuan Kemanusiaan di Palu

DPP ABI Buka Posko Bantuan Kemanusiaan di Palu

Palu-posko DPP ABI untuk bantuan para korban gempa dan tsunami Palu-Donggala dibuka. Rabu, (3/10/18). Setelah dua hari gagal melakukan komunikasi antar pengurus, DPP dan DPW ABI Sulteng akhirnya dapat melakukan komunikasi pada hari ketiga kemarin. Bersamaan dengan itu, melalui koordinasi dengan DPP ABI, DPW ABI terdekat yakni Sulsel, Sulbar, dan Gorontalo segera bergerak menuju Palu Rabu pagi.

Pada saat berita ini ditulis, rombongan ABI Rescue, DPW ABI Sulsel gabung Sulbar masih berada di Kota Makassar menyiapkan bantuan yang akan dikirim ke Palu melalui Kabupaten Mamuju, Sulbar. Sementara tadi malam, rombongan Jaringan Umat Untuk Kemanusiaan (Jausan) dari Malang Jawa Timur lebih dahulu berangkat membawa bantuan dan peralatan serta relawan yang terbiasa menangani bencana, setelah sebelumnya berkoordinasi dengan DPW ABI Sulsel.

Posko kemanusiaan ABI berada di Jalan Sultan Hasanuddin No. 10 Kota Palu. Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulteng ini ditempati untuk aktivitas penyaluran bantuan. Posisi posko ini berada di seberang timur GBK, samping Pos Polisi pojok pertigaan Jalan Sultan Hasanuddin-Jalan Pattimura.

Suasana sekeliling jalan ini sangat lengang. Hingga hari kelima kejadian gempa dan tsunami, semua aktivitas di sekitarnya berhenti total. Malam hari bagaikan kota mati. Hanya kendaraan bermotor yang lalu lalang di sekitarnya.

Tempat ini dipilih karena cukup kondusif untuk mengatur pembagian bahan makanan dan barang bantuan lainnya. Kalau dibuka di tempat yang ramai, pasti diserbu warga dan sulit untuk membedakan pengungsi dengan warga yang tidak terdampak langsung. Sesudah dari tempat ini, para relawan diarahkan untuk mendistribusi ke titik yang sudah disurvei sehingga tepat sasaran.

Kelemahan pengorganisasian dan koordinasi pihak berwenang ikut menyulitkan distribusi secara tepat. Namun aktivis ABI Sulteng sudah cukup mengenali medan sehingga dapat segera menyesuaikan diri dan mengatasi kesulitan tersebut. (Abu Mufadhal/Abi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top