Sunday , October 20 2019
Breaking News
DPW ABI DKI Jakarta Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Berziarah ke Makam Pahlawan

DPW ABI DKI Jakarta Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Berziarah ke Makam Pahlawan

Jakarta, Minggu 28/10 – Dewan Pengurus Wilayah Ahlulbait Indonesia (DPW ABI) korwil DKI Jakarta pada hari Sumpah pemuda yang ke-90 tahun ini mengadakan acara tabur bunga sambil berziarah di pemakaman para pahlawan bangsa Kalibata, Jakarta Selatan. Acara dimulai pukul 07.00 wib dengan upacara, selanjutnya tabur bunga untuk para pahlawan bangsa.

Menurut Ridwan selaku wakil ketua DPW ABI DKI Jakarta, peringatan Sumpah Pemuda tahun ini dilakukan berbarengan dengan peringatan hari Arbain, hari di mana para pahlawan Karbala yang masih hidup pasca tragedi menziarahi para syahid di hari ke-40 setelah hari Asyura untuk kali pertama di tanah Karbala, samping sungai Efrat, Irak. Kala itu yang datang seperti Sahabat Jabir al Anshari, Sayidah Zainab, Imam Sajjad dan lainnya. Tragedi Karbala adalah epos kepahlawanan keluarga Nabi dan pencintanya.

“Sumpah Pemuda adalah momentum untuk kita berbaiat kembali kepada NKRI, mengenang kembali para pemuda bangsa yang berjuang untuk kesatuan dan kemerdekaan Indonesia. Saat ini kita bisa menikmati kemerdekaan tanpa perlu bersusah payah berjuang seperti para pahlwan kita dulu. Moment ini bisa dibilang langka, karena hari ini Sumpah Pemuda bersamaaan dengan Hari Arbain, dua kejadian besar yang syarat dengan kisah teladan kepahlawanan,” ujar Ridwan.

Ridwan menambahkan, “hari Arbain dengan Sumpah Pemuda ini secara esensi sama, pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus tetap mengenang sejarah bangsanya, jangan sekali-kali kita melupakan sejarah, sebagaimana pesan Bung Karno. Jika kita sebagai pemuda yang mengaku sebagai pencinta Al-Husain yang gugur sebagai pahlawan kemanusiaan dan kita menziarahinya ke Irak yang jauh di sana, maka tidak salah juga jika kita menziarahi pahlawan bangsa sendiri yang sudah menyerahkan jiwa raganya untuk kemerdekaan, keutuhan dan kedaulatan NKRI.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top