Friday , August 23 2019
Breaking News
Empat Alasan, Mengapa tema Islam Nusantara Penting

Empat Alasan, Mengapa tema Islam Nusantara Penting

Gema tentang Islam Nusantara semakin deras, apalagi tema ini akan menjadi tema pokok Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama, sebuah organisasi masyarakat yang tubuh dan bahkan lebih tua dari umur bangsa Indonesia dan juga ikut berjuang untuk melahirkan negara ini.
 
Tentu, tema tersebut bukanlah tema yang asal-asalan, untuk menentukan tema Islam Nusantara, ada beberapa alasan. Berikut alasannya menurut KH. Yahya Staquf Cholil, salah seorang Katib Syuriyah PBNU, saat di Wawancarai ABI PRESS di kantor The Wahid Institute, Jakarta pada hari Jumat (29/5).
 
1.   Islam Nusantara adalah sesuatu yang nyata dan hidup dalam masyarakat Indonesia selama ini.
2.   Islam Nusantara adalah sebuah peradaban yang dibangun sekian lama di Indonesia oleh para pendakwah agama Islam, yaitu Wali Songo.
3.   Karakter yang dimiliki oleh Islam Nusantara ini sangat khas, yaitu menonjolkan toleransi, harmoni dan perdamaian.
4.   Hal-hal yang menyangkut ekspresi ke-islaman Nusantara seluruhnya adalah sah dalam pandangan ajaran Islam atau muktabar.
“Ya ini memang Islam, bukan bid’ah, khurofat”, tegas KH. Yahya.
 
KH. Yahya kemudian lebih lanjut menerangkan bahwa Islam Nusantara dan yang telah berkembang di Nusantara ini telah melalui kajian berdasarkan sumber-sumber ajaran Islam dan ini memang sungguh-sungguh Islam. (Lutfi/Abu Mufadhdhal)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top