Thursday , April 2 2020
Breaking News
[foto] Suasana Malam Peringatan Duka Muharram di ICC

[foto] Suasana Malam Peringatan Duka Muharram di ICC

Jakarta – Muharram adalah bulan duka bagi sebagian Muslim, pada bulan ini komunitas Muslim Syiah di berbagai belahan dunia memperingati kesyahidan Imam Husain as, cucu Nabi Saw di Padang Karbala. Meski sudah 1400 tahun lebih peristiwa ini terjadi tetapi memory sejarah ini seolah baru saja terjadi bagi para pengikutnya, yakni Muslim Syiah Ahlulbait.

Baca Mengapa Asyura Diperingati Setiap Tahun?

Kegiatan ini dilaksanakan secara terus menerus selama 10 hari dan bisa juga lebih setiap malamnya, dan puncaknya adalah pada siang hari tanggal 10 Muharram atau disebut sebagai hari Asyura di mana nega tragedi itu terjadi. Yakni pembantaian keluarga Nabi oleh umat yang mengaku sebagai penganut Muhammad Saw di Karbala, Irak pada tahun 61 H.

Islamic Cultural Center Jakarta mengadakan majelis duka selama 11 malam, yang diisi dengan ceramah, pembacaan maktam (syair duka) dll, untuk mendengarkan ceramah pada peringatan ini dari Ustaz Umar Shahab yang juga sebagai Ketua Dewan Syura Ahlulbait Indonesia bisa didengarkan di poscast [klik] Ceramah Ustaz Umar Shahab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top