Monday , October 15 2018
Breaking News
Ghasemi: Iran akan Membantu Rekonstruksi Irak

Ghasemi: Iran akan Membantu Rekonstruksi Irak

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Republik Islam Iran, Bahram Ghasemi mengatakan, pemerintah Tehran akan melanjutkan peran dukungan dan konstruktifnya guna membantu merekonstruksi dan mengembangkan ekonomi Irak.

Ghasemi mengungkapkan hal itu pada hari Senin (12/2/2018) ketika mengabarkan partisipasi Mohammad Javad Zarif, Menlu Iran dalam Konferensi Internasional Kuwait untuk Rekonstruksi Irak yang digelar pada 12-14 Februari.

“Republik Islam Iran menyambut Konferensi Internasional Rekonstruksi Irak dan menganggap partisipasi masyarakat internasional dalam proses rekonstruksi negara ini sebagai penting,” kata Ghasemi ketika menyebut Irak sebagai negara tetangga dan sahabat Iran, seperti dilansir IRNA.

Ia menambahkan, Iran tidak memiliki keraguan untuk mendukung rakyat dan pemerintah Irak seperti dukungannya dalam menumpas terorisme di negara ini.

Sebelumnya, Duta Besar Iran untuk Irak juga mengatakan, pemerintah Tehran akan membantu dan bekerjasama dengan pemerintah Baghdad untuk merekonstruksi Irak seperti bantuannya dalam perang melawan terorisme.

Krisis Irak meletus pada tahun 2014 menyusul serangan luas kelompok teroris takfiri Daesh (ISIS) yang memperoleh dukungan dari Arab Saudi dan Amerika Serikat.

Serangan luas tersebut bertujuan untuk mengubah perimbangan di kawasan yang menguntungkan rezim Zionis Israel.

Pasukan Irak dengan bantuan penasihat militer Iran pada hari Jumat, 17 November 2017 berhasil membebaskan kota Rawa di Provinsi al-Anbar, barat Irak dari pendudukan teroris Daesh.

Kota Rawa merupakan pangkalan terakhir kelompok teroris takfiri Daesh di Irak. Dengan demikian, pembebasan kota ini berarti berakhirnya Daesh di Irak. (Parstoday)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top