Saturday , July 11 2020
Breaking News
Guardian: ‘Foto bin Laden Palsu’

Guardian: ‘Foto bin Laden Palsu’

Gambar  wajah mayat pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden yang disiarkan di saluran TV Pakistan dan kemudian digunakan oleh situs koran Inggris adalah palsu, Guardian mengungkapkan.

Foto yang ditampilkan pada website yang berbeda yang mengaku sebagai mayat bin Laden adalah dua foto yang berbeda. Foto itu telah digunakan secara online selama dua tahun terakhir.

Foto yang mengklaim  mayat bin Laden itu telah ada di internet sejak tahun 2009. Beberapa situs surat kabar Inggris menggunakan foto itu di halaman depan mereka, namun kemudian mereka segera mencopot foto itu dan mengatakan sebagai gambar palsu yang disebarkan melalui Twitter.

The Guardian mengatakan foto palsu pertama kali digunakan pada “themedialine.org,” yaitu surat kabar Timur Tengah online, pada tanggal 29 April 2009. Editor telah menyatakan bahwa dia tidak bisa memastikan apakah foto yang dipublikasikan itu adalah asli atau palsu.

Sejak tahun 2009,beberapa forum konspirasi bersikeras bahwa foto tersebut tidak palsu dan sesuai juga  telah mengklaim bahwa pemimpin Al-Qaeda tewas.

Foto yang benar dari bin Laden diambil pada tahun 1998 dan digunakan oleh kantor berita Reuters.

Presiden AS Barack Obama pada hari Senin mengumumkanbahwa bin Laden tewas oleh pasukan AS pada hari Minggu setelah dia ditemukan bersembunyi di sebuah kompleks di Pakistan.

Sementara itu, seorang pejabat Amerika mengatakan tubuh bin Laden telah dikubur di laut, ia juga menyatakan bahwa pemakaman tergesa-gesa itu telah sesuai dengan hukum Islam, yang  menghendaki penguburan dalam waktu 24 jam setelah kematian.

Pemakaman di laut bukan praktek Islam dan Islam tidak menentukan jangka waktu untuk penguburan.

Analis bertanya-tanya mengapa para pejabat AS telah mengubur tubuh bin Laden di laut, padahal mereka bisa menerapkan tes DNA pada mayatnya untuk mengkonfirmasi kematiannya. pressTV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top