Monday , July 22 2019
Breaking News
Infografis: Biografi Singkat Imam Husain as

Infografis: Biografi Singkat Imam Husain as

Husain bin Ali bin Abi Thalib as adalah Imam ke 3 menurut Muslim Syiah, putra ke-2 Imam Ali as dan Fatimah Zahra sa dan cucu Nabi Muhammad saw yang mengemban tugas imamah selama 10 tahun dan syahid di peristiwa Karbala.

Dalam sumber ahlusunah dikatakan bahwa Rasulullah saw sangat mencintai Hasan dan Husain. Kecintaan ini kadangkala menyebabkan berhentinya khutbah Nabi di masjid ketika mereka berdua masuk ke masjid, Nabi turun dari mimbar dan menggendong mereka.

Dinukilkan dari Nabi saw bahwa kecintaanku kepada keduanya membuatku tercegah untuk mencintai yang lainnya.

Husain as hadir dalam peristiwa ashabul Kisa dan dalam peristiwa Mubahalah. Ketika Nabi Muhammad saw meninggal, Imam Husain as masih berusia 7 tahun.

Berdasarkan laporan sejarah Syiah dan Ahlusunah, Nabi menangis ketika Imam Husain as lahir dan mengabarkan tentang kesyahidannya serta memilihkan nama Husain bagi bayi mungil itu. Rasulullah saw, sangat mencintai Hasanain dan berpesan kepada semua orang supaya mencintai keduanya. Imam Husain as termasuk Ashab al-Kisa’, ikut hadir dalam peristiwa mubahalah dan salah satu Ahlulbait nabi dimana ayat Tathir turun atas peristiwa itu. Riwayat-riwayat telah dinukilkan dari Nabi Muhammad saw tentang fadhilah dan keutamaan Imam Husain as, diantaranya Hasan dan Husain penghulu pemuda surga dan Husain adalah pelita hidayah dan bahtera.

Masa keimamahan Imam Husain satu zaman dengan pemerintahan Muawiyah. Imam Husain banyak memprotes kebijakan Muawiyah seperti setelah terbunuhnya Hujr bin ‘Adi menulis surat protes atas perbuatan ini.

Imam Husain as juga menolak untuk memberikan baiat kepada Yazid ketika Yazid diangkat menjadi putra mahkota.

Ketika Imam Husain as berkhotbah di hadapan Muawiyah dan masyarakat, ia mencela tindakan ini dan menilai bahwa Yazid adalah orang yang tidak layak atas penunjukan ini dan beliaulah yang layak untuk menduduki khilafah ini. Khutbah Imam Husain as di Mina juga termasuk sikap politik Imam Husain terhadap kebijakan kaum Umawi.

Baca juga Biografi Singkat Imam Husein a.s

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top