Friday , July 10 2020
Breaking News
Infografis: Fase Kehidupan Sayidah Fatimah AS

Infografis: Fase Kehidupan Sayidah Fatimah AS

Sayyidah Fatimah as yang termasyhur dengan gelar az-Zahra adalah putri Nabi Muhammad saw dari Sayyidah Khadijah al-Kubra as. Putri baginda Nabi saw ini juga merupakan istri Imam Ali as serta salah seorang dari lima orang yang termasuk dalam Ashabul Kisa’. Menurut Mazhab Ahlulbait, beliau termasuk salah seorang dari Empat Belas Manusia Suci. Imam Hasan al-Mujtaba, Imam Husain asy-Syahid, Sayyidah Zainab al-Kubra as dan Ummu Kulsum adalah putra-putri beliau.

  • Sayyidah Fatimah as lahir pada tanggal 20 Jumadil Akhir, tahun ke-5 Bi’tsah, yang terkenal dengan Tahun Ahqafiyah (tahun turunnya Surah Al-Ahqaf), Ada pula sejarahwan yang meyakini bahwa beliau dilahirkan pada tahun ke-2 Bi’tsah.
  • Pada tahun kesepuluh kenabian, yaitu tiga tahun sebelum peristiwa hijrah, ibunda beliau, Sayyidah Khadijah as wafat. Saat itu usia Sayyidah Fatimah masih kanak-kanak. Meski begitu, beliau memiliki sikap dan perilaku yang agung, khususnya dalam merawat dan membela ayahandanya, yaitu Nabi Muhammad saw. Berkat itulah, beliau digelari ayahandanya dengan sebutan “Ummu Abiha” (ibu dari ayahnya).
    Selang beberapa bulan, beliau juga harus kehilangan paman ayahandanya, Abu Thalib, yang berperan sebagai pelindung utama ayahandanya dari ancaman kaum kafir Quraisy.
  • Beliau turut keluar di malam hari dari Mekah untuk hijrah ke Madinah bersama Imam Ali as dan sejumlah kaum wanita.
  • Pada bulan Shafar selepas Perang Badar tahun ke-2 H (623 M),  Sayyidah Fatimah as menikah dengan Imam Ali as.
  • Pada hari ke-15 Ramadhan tahun 3 H, Sayidah Fatimah dikaruniai seorang putra pertama, Imam Hasan as.
  • Pada bulan 3 Sya’ban 4 H (625 M), lahirlah putranya yang ke-2, Imam Husain as. Pada 5 Jumadil Awal 5 H, lahir pula Sayyidah Zainab as.
  • Pada 28 Safar tahun 11 H (632 M), Nabi Muhammad saw wafat.
  • Pasa 3 Jumadil Akhir  H (632 M), Sayyidah Fatimah az-Zahra as meninggal dunia, setelah beberapa waktu sebelumnya menahan sakit.

source wikishia.net dll.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top