Monday , March 30 2020
Breaking News
Infografis: Peristiwa di Bulan Jumadil Akhir dalam Sejarah Islam

Infografis: Peristiwa di Bulan Jumadil Akhir dalam Sejarah Islam

Pada bulan Bulan Jumadil Akhir terdapat hari-hari Fatimiyyah (bahasa Arab:الأيام الفاطمية) atau Fatimiyyah adalah nama hari-hari yang mana para pengikut Ahlulbait berkabung dan berduka cita mengenang dan memperingati syahadah atau hari kesyahidan Sayidah Fatimah sa. Hari Kesyahidan Sayidah Fatimah sa tidak diketahui secara jelas dan ada beberapa perbedaan riwayat mengenai hal ini, yaitu pada tanggal 13 Jumadil Awal dan 3 Jumadil Akhir.

Hari syahadah Sayidah Ummul Banin terjadi 13 Jumadil Akhir 64 H/683. Fatimah binti Hizam atau yang terkenal dengan sebutan Ummul Banin (أمّ البَنین), adalah salah satu istri-istri Ali bin Abi Thalib as. Dia adalah ibunda Sayidina Abbas as dan tiga anak lainnya bernama Abdullah, Ja’far dan Utsman yang mana keempat-empatnya meneguk cawan syahadah di hari Asyura. Dikarenakan dia adalah ibu dari empat orang anak laki-laki, maka dia dikenal dengan Ummul Banin.

Di bulan ini juga hari lahir Sayidah Fatimah Zahra Sa. Menurut pandangan yang masyhur di kalangan Mazhab Ahlulbait, Sayidah Fatimah sa lahir pada tahun ke-5 Bi’tsah. Berdasarkan sumber-sumber sejarah mashur, beliau lahir pada tanggal 20 Jumadil Akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top