Sunday , September 23 2018
Breaking News
Jika Mengaku Cinta Allah, Ikutilah Rasulullah

Jika Mengaku Cinta Allah, Ikutilah Rasulullah

Ketika seorang hamba menyatakan cinta kepada Allah Swt. maka sudah seharusnya mengikuti apa yang disabda dan diajarkan oleh Rasulullas Saw. serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي

“Katakan, jika kalian mencintai Allah, maka ikutilah aku (Nabi Muhammad Saw)”. (QS. Ali Imran ayat 31)

Dalam menjelaskan sebab turunnya ayat ini, Ayyatullah Makarim berkata, “Dinukil dari kitab Majmul Bayan, bahwa suatu hari ada satu kelompok datang menghampiri Rasulullah Saw. lalu mereka mengungkapkan bahwa mereka telah mencintai Allah yang mana ternyata pada keseharian mereka hanya sedikit dalam hal menjalankan ajaran Islam. Dan ayat ini turun berkenaan mereka.” (Tafsir Nemuneh, jilid 2, hal 513)

Dari kitab tafsir Nur, Ayyatullah Qiraati berkaya “Point penting yang bisa didapatkan dari ayat ini yaitu ungkapan cinta kepada Allah secara lisan semata tidaklah cukup akan tetapi harus diiringi dengan amal.” (Tafsir Nur, jilid 2, hal 47)

Selanjutya adalah Allah Swt. menjadikan “mengikuti Rasulullah Saw” sebagai tolak ukur mencintai-Nya. Sama dengan ketika seorang hamba mengikuti Rasulullah Saw. maka ia telah mencintai Allah Swt. Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan taufik kepada kita untuk selalu mengikuti Rasulullah Saw. dan Ahlul Baitnya. (Sutia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top