Friday , July 19 2019
Breaking News
Kategori Saudara atau Teman yang Bermanfaat Menurut Imam Husain as

Kategori Saudara atau Teman yang Bermanfaat Menurut Imam Husain as

Imam Husain as berkata, ”Saudara (teman) itu ada empat macam. Yaitu saudara yang bermanfaat buat dirimu dan buat dirinya, saudara yang hanya bermanfaat buat dirimu, saudara yang hanya bermanfaat buat dirinya dan saudara yang tidak bermanfaat buat dirimu dan tidak pula buat dirinya.”

Orang-orang bertanya, “Apa maksudnya”?

Imam as menjawab, “Adapun saudara yang bermanfaat buat dirimu dan buat dirinya adalah saudara yang menginginkan kekalnya persaudaraan dan tidak menginginkan matinya persaudaraan. Inilah persaudaraan yang bermanfaat buat dirimu dan buat dirinya. Karena jika persaudaraan ini terus berlangsung, maka kehidupan keduanya menjadi bagus, namun jika persaudaraan ini putus, maka keduanya rugi.

Adapun saudara yang hanya bermanfaat buat dirimu adalah saudara yang tidak mempunyai keinginan mengambil manfaat dari persaudaraan. Dia sepenuhnya hanya mencintai orang yang menjadi temannya, dan tidak mempunyai kepentingan duniawi. Bahkan dia menyerahkan seluruh dirinya kepadamu.

Adapun saudara yang hanya bermanfaat buat dirinya adalah saudara yang selalu ingin mencelakaimu, yang menyebarkan rahasia-rahasiamu dan berbohong tentang dirimu di hadapan banyak kaum. Dia memandangmu dengan pandangan seorang yang hasud. Laknat Allah Yang Maha Esa pada saudara (teman) seperti ini.

Adapun saudara yang tidak bermanfaat buat dirimu dan tidak buat dirinya adalah saudara yang seluruh wujud dirinya Allah penuhi dengan kebodohan, yang dijauhkan dari rahmat-Nya, yang mendahulukan dirinya dari dirimu dan menginginkan harta yang ada padamu.”

Thuhaf al-Uqul, Jilid 1, halaman 462

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top